15
Apr
09

Ceker Ayam yang Sangat Bermanfaat

Di rumah makan sunda atau yang menyediakan masakan asli Indonesia , sering dijumpai menu “ayam-ayaman” disertakan dengan ceker-nya. Disadari atau tidak, disertakannya ceker ayam ini merupakan satu keunggulan tersendiri. Hal ini terjadi karena menurut beberapa pengamatan dan penelitian, ceker ayam sangat kaya dengan nutrisi-nutrisi yang berfungsi terutama untuk menjaga kinerja tulang dalam tubuh kita.

Di dalam kaki ayam terdapat kulit, otot, tulang, dan kolagen. Kolagen adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat dan bening ke kuning-kuningan. Kalau kena panas, kolagen akan mencair menjadi cairan yang agak kental seperti lem. Nah, susunan utama pada ceker ayam adalah asam amino, yakni komponen dasar protein. Di dalam asam amino itu antara lain terdapat glisin-prolin, hidroksiprolin- agrinin-glisin. Kaki ayam juga mengandung zat kapur dan sejumlah mineral. Dengan begitu memang masuk akal juga kalau orang tua kita tetap bertahan untuk menyuguhkan kaki ayam bagi anak-anaknya.  Sebab jenis asam amino prolin dan hidroksiprolin serta zat kapur jelas-jelas dibutuhkan dalam pertumbuhan anak. Fungsi kolagen, tak cuma untuk pertumbuhan anak, lo. Orang yang menderita rematik pun, amat dianjurkan sering-sering makan kaki ayam. Kenapa begitu? Karena protein kolagen ayam memiliki antigen yang bersifat imunogenik. Ceritanya, di dalam tubuh kita terdapat dua macam antigen. Yakni antigen asing dan antigen diri. Setiap antigen bisa bersifat antigenik dan imunogenik. Antigen yang antigenik dapat berikatan dengan antibodi, meski tidak bisa merangsang tubuh membentuk antibodi terhadap antigen. Sementara antigen yang imunogenik juga mampu berikatan dengan antibodi spesifik, tetapi juga mampu menghasilkan antibodi spesifik terhadap antigen. Nah, antibodi terhadap antigen inilah yang perlu dirangsang bagi penderita rematik. Tentu hubungan sang antigen tadi dengan penyakit rematik punya uraian ilmiah yang panjang sekali, yang agak sulit kita pahami sebagai orang awam. Yang jelas, makan kaki ayam secara rutin mulai dianjurkan bagi penderita rematik.

Orang selama ini hanya tahu bahwa untuk mencegah keropos tulang cukup dengan kalsium. Padahal, kalsium hanya menguatkan tulang bagian luarsaja. Sedangkan bagian penting adalah bagian dalam tulang yang akan menentukan kekuatan tulang bagian luar yang dibentuk oleh zat yang bernama hydroxyapatite, yaitu zat yang komponennya sama dengan komponen tulang dan lapisan keras mamalia.Hydroxyapat ite, adalah makanan untuk tulang, yang berasal dari tulang binatang seperti ayam, kuda, sapi, atau kambing. Secara logika, memang makanan yang tepat untuk tulang adalah tulang. Karena itu, mengkomsumsi cakar ayam yang banyak mengandung hydroxyapatite secara alami dapat memelihara kekuatan tulang.

*Dari berbagai sumber


4 Responses to “Ceker Ayam yang Sangat Bermanfaat”


  1. 1 Toki
    May 2, 2012 at 1:19 am

    waaahhh, terima kasih ilmuny ya…
    coba aku amalin dech… biar bisa cari banyak rezeki seperti kaki ayam

  2. July 16, 2013 at 9:20 am

    I’ve read several just right stuff here. Definitely value bookmarking for revisiting. I wonder how so much attempt you set to create this type of magnificent informative website.

  3. November 20, 2013 at 9:58 am

    sangat menyetujuinya dan akan dicoba jika ane nanti mempunyai anak. semoga anak ane juga genius. hehe

  4. July 7, 2017 at 12:00 am

    Wahh,,sayang sekali saya gak suka daging ayam, sehingg anak-anak saya juga tidak terbiasa makan ceker ayam. Melihatnya aja saya geli.


Leave a comment


Fashion Termurah dan Terlengkap. Mau cantik? Masuk ruang dandan dulu dong

Photobucket

Ngobrol Bareng Saya

Categories

April 2009
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Blog Stats

  • 1,044,418 hits
Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Third Birthday tickers
Lilypie First Birthday tickers

Who’s Here?

Photobucket
Photobucket