By edelwz

Halaman ini akan khusus berisi resep2 MPASI, hasil dari kumpulan resep teman2 maupun dari milis mpasirumahan. Semoga berguna!

Banana orange syrup

Bahan:
1 buah pisang raja/kepok matang pohon
1 sdt unsalted butter
Kayu manis bubuk secukupnya
50 ml air jeruk baby
1 sdm oatmeal, haluskan, ayak
1 cangkir air matang

Cara membuat:
Panaskan unsalted butter, masukkan pisang, masak kurleb 3 mnt angkat, haluskan sisihkan
Orange Syrup: (sudah diuji coba untuk saus agar2 mangganya bita)
Masak oatmeal dengan air aduk hingga matang dan masih setengah cair, angkat, masukkan air jeruk baby aduk rata.
Sajikan Pisang dengan orange syrup dan taburkan kayu manis bubuk diatasnya.

Bubur Roti Pisang Keju

1 lbr roti gandum
1 cangkir susu cair – mama pake uht plain
½ potong pisang sunpride
Keju parut secukupnya

Cara bikin:
Masak semua bahan kecuali keju parut aduk rata selama kurleb 3 menit, angkat taburkan keju parut diatasnya, siap dimakan deh

Makaroni Lapis

Bahan 1:
2 sdm makaroni rebus
1 sdm susu cair
1 butir telur ayam kocok lepas

Bahan 2:
2 sdm daging cindang rebus
2 sdm jagung yang sudah dihaluskan
2 sdm wortel parut/iris halus kotak2 (wortel bisa diganti sayuran lain sesukanya)
Bawang bombay secukupnya iris halus
2 sdm air kaldu/air matang
Margarine tawar utk menumis

Keju parut secukupnya

Cara bikin:
1.Campur semua bahan 1 sisihkan
2.Panaskan kukusan
3.Tumis bawang bombay dengan margarin tawar, masukkan jagung dan air matang aduk rata dan cepat hingga matang masukan daging cincang aduk rata angkat
4.Siapkan pinggan tahan panas, masukkan 1 sdm tumisan jagung, tutup atasnya dengan 1 sdm makaroni, ulangi untuk bahan yang tersisa kemudian taburkan keju parut diatasnya. Kukus hingga masak (kurleb 15 menit). Bisa juga dipanggang.

Banana Berry Shake – untuk si 1 thn dan lebih yah…

Bahan yang dibekukan malam sebelumnya:
1 buah pisang sunpride pilih yang matang benar
3 butir strawberry

1 cangkir susu uht plain

Cara bikin:
Campur semua bahan, blender pindahkan ke gelas baby. Sajikan.

Note: Pisang dibekukan dengan kulitnya.

Abon Sapi

Bahan:
2 sdm Daging sapi yang udah direbus dan di cincang

Bumbu halus:
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 potong kemiri
Margarin tawar untuk menumis

Cara Bikin:
Tumis bumbu halus sampe wangi, masukin daging aduk rata sampai daging kering, tiriskan, simpan dalam wadah tertutup rapat. Bisa dipake buat roti gandumnya bita atau temen nasi putihnya deh

Nasi Tim Polos cara 1

Bahan:
4 bh ceker ayam (klo bisa ayamkampung yah)
1 lbr daunbawang cuci potong tiga bagian
1 lbr daun salam
1 lbr sereh
2 sdm beras putih cuci bersih
1 ½ cangkir air

Cara membuat:
Rebus ceker ayam dengan daun bawang, daun salam dan sereh hingga air mendidih
Masukkan beras putih aduk2 supaya gak lengket hingga matang

Nasi Tim Polos cara 2

Bahan:
4 bh ceker ayam (klo bisa ayamkampung yah)
1 lbr daunbawang cuci potong tiga bagian
1 lbr daun salam
1 lbr sereh
2 sdm beras putih cuci bersih
1 ½ cangkir air

Cara membuat:
Rebus ceker ayam dengan daun bawang, daun salam dan sereh hingga air mendidih
Masukkan beras putih aduk2 supaya gak lengket hingga 1/2 matang
Panaskan kukusan
Pindahkan beras kedalam pinggan tahan panas, tambahkan air/kaldu bila perlu
Kukus hingga matang (kurleb 20 – 30 menit)
(bisa disajikan dengan sayur dan dagingnya)

Ayam rebus tutup kentang:

1 potong dada ayam tanpa tulang
1 helai daun bawang seledri cincang halus
1 lembar daun salam
250 ml air matang
1 bh kentang kukus, haluskan

Cara membuat:

Rebus air matang dengan daging ayam dan cincangan daun bawang seledri dan daun salam
Setelah ayam matang angkat, sisihkan, haluskan dengan 2 sdm kaldu ayam (sisa kaldu simpan dalam wadah tertutup rapat untuk 2 – 3 hari)
Masukan adonan ayam kedalam mangkuk bayi ratakan dipermukaan mangkuk
Tumis halusan kentang dengan 2 sdm kaldu ayam
Tutup atasnya dengan kentang yang sudah dihaluskan
Sajikan hangat

Sup Tomat

2 bh tomat, cuci, kupas, blender halus, saring (sebelum diproses tomat sebaiknya direbus/siram dengan air panas dan dikupas kulitnya) – tx to mba depe bt pencerahannya
1 cangkir air matang
2 sdm daging ayam cincang
Daun bawang cincang halus
1 sdm oatmeal halus sebagai pengental

Cara membuat:
Masak ayam dengan 1 cangkir air matang dan daun bawang cincang
Setelah ayam matang, masukkan tomat dan oatmeal aduk2 hingga matang. Sajikan
Note: Oatmeal di grinder dahulu sampai halus (kalau rajin bisa diayak sebelum dipakai)

Sup tomat Kacang merah

2 bh tomat, cuci, kupas, blender halus
1 cangkir air kaldu ayam
2 sdm daging ayam cincang
Daun bawang cincang halus
2 sdm kacang merah, rebus, haluskan, sisihkan

Cara membuat:
Masak kaldu ayam dan daging ayam cincang, setelah ayam empuk, masukkan tomat dan daun bawang cincang, aduk rata hingga matang. Setelah sup diangkat masukkan kacang merah aduk rata, sajikan hangat.

Bubur Ayam berwarna

Bahan:
1 potong dada ayam tanpa tulang
2 bh ceker ayam
2 sdm beras putih
1 sdt wortel parut/labu kuning parut/kabocha kuning parut/bayam halus
1 butir kuning telur
Daun bawang seledri, cincang halus
1 lbr daun salam
1 sdt keju parut
1 ½ cangkir air matang

Cara membuat:
Masak daging ayam, ceker ayam, daun salam, dengan air matang kurleb 5 menit, angkat daging ayam haluskan.
Masukan beras, daun bawang seledri kedalam kaldu ayam diatas aduk2 hingga ½ matang masukan kembali ayam yg sudah dihaluskan, wortel parut dan kuning telur aduk rata, masak hingga telur benar2 matang, taburkan keju parut aduk rata, angkat. Saat hendak disajikan buang ceker (cekernya dimakan emaknya aja, hehehe…).

Tim ikan Patin

Ikan patin ambil dagingnya, haluskan
2 cangkir air matang
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
Daun salam
2 sdm kacang merah, rebus, haluskan

Cara membuat:
Masak ikan patin dengan 2 cangkir air matang, masukkan semua bumbu, masak hingga matang
Setalah matang, angkat, masukkan kacang merah rebus, aduk rata. Sajikan hangat

Bubur Ikan 2

Bahan:
2 sdm beras putih
1 potong ikan patin, ambil dagingnya, haluskan
Daun bawang cincang halus
1 lbr daun salam
1 potong kecil jahe

Cara membuat:
Masak beras dengan ikan, daun bawang, daun salam dan jahe, hingga matang. Sajikan hangat
Note: Bita alergi patin, patin coba diganti yang lain dulu.

Tim ikan Gurame wortel

BAHAN:
1/2 ekor ikan gurame
1 bh wortel, parut
5 helai daun kemangi
1 sendok makan unsalted butter untuk menumis
BUMBU HALUS:
2 butir bawang merah
1 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 ruas kunyit
CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu halus hingga harum. Angkat. Campurkan bumbu tumis bersama wortel dan daun kemangi.
Balurkan ikan dengan tumisan bumbu. Letakkan ikan dalam pinggan tahan panas. Kukus hingga matang

Tim Gurame

Bahan:
Fillet ikan gurame secukupnya
2 lbr daun pokcay, iris halus
1 siung bawang merah, iris halus
Seujung jahe, kupas, memarkan
Daun salam
100ml air matang/kaldu

Cara membuat:
Panaskan kukusan. Masukkan semua bahan kecuali daun pokcay kedalam pinggan tahan panas, kukus selama 15 menit, masukkan pokcay, masak hingga matang kurleb 5 menit, angkat.

Tumis bayam daging

Bahan:
10 lembar bayam, cincang halus
2 sdm daging rebus cincang
1 sdt bawang bombay cincang halus
Unsalted butter untuk menumis

Cara membuat:
Tumis bawang bombay hingga wangi dan layu, masukkan bayam aduk rata, tambahkan 3 sdm air matang, masukkan daging cincang, aduk rata hingga bayam lemas. Angkat. Sajikkan dengan bubur beras yang dimasak dengan kaldu daging.

Tumis toge daging (udah revisi 3 x nih..)

Bahan:
2 sdm toge, cincang halus
2 sdm daging cincang matang
Unsalted butter untuk menumis
4 sdm air matang

Bumbu halus:
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 bh kemiri

Cara membuat:

Tumis bumbu halus, masukkan toge, tambahkan 4 sdm air matang aduk2 hingga matang.
Masukkan daging cincang, aduk rata sebentar, angkat. Sajikan hangat dengan bubur nasi.

Makaroni saring:

Cara membuat:
Rebus 2 sdm makaroni hingga matang benar, haluskan dengan sendok/blender kasar

Bayam daging keju (untuk kuah makaroni):

1 cangkir kaldu daging sapi
2 potong daging sapi rebus ukuran 4X4 cm, haluskan
Bayam secukupnya, cincang halus
1 sdt keju parut

Cara membuat:

Panaskan kaldu daging, masukkan bayam aduk hingga bayam lunak
Masukkan keju parut dan daging giling, aduk rata, angkat
Sajikan dengan makaroni saring

Makaroni saus keju:

Bahan:
2 sdm makaroni
1 ½ cangkir kaldu ayam
1 sdm keju parut
2 sdm Kabocha kuning parut
1 butir kuning telur, haluskan
Bawang bombay secukupnya, cincang halus

Cara membuat:
Masak makaroni dengan 1 cangkir kaldu ayam hingga matang, haluskan, sisihkan
Saus keju:
Tumis bawang bombay dengan 2 sdm kaldu ayam sampai layu dan wangi
Masukkan ½ cangkir kaldu ayam, kabocha kuning, dan keju, aduk rata dan masak hingga kental
Masukkan kuning telur, aduk rata, angkat
Sajikkan makaroni saring dengan saus keju.

Sup Krim Makaroni

Bahan:
1 sdm makaroni
1 sdm oatmeal, grinder halus, cairkan dengan 2 sdm air matang
1 sdt wortel parut
1 sdt kentang parut
2 sdm daging ayam cincang
1 ½ cangkir air matang
Cara membuat:
Rebus makaroni dengan wortel, kentang dan daging ayam cincang hingga matang
Masukkan oatmeal cair, aduk hingga sup kental

Setup Makaroni

Bahan:
2 sdm makaroni
1 sdm mentega tawar (unsalted butter)
2 butir bawang merah iris tipis/parut
2 butir bawang putih iris tipis/parut
20 gr daging sapi cincang
100 ml kaldu sapi
2 sdm keju parut
1 sdm peterseli/seledri iris halus
2 sdm oatmeal halus dicairkan dengan 50 ml air matang (resep aslinya pake susu bubuk)

Cara membuat:
Didihkan air , rebus makaroni hingga matang dan empuk benar. Tiriskan, haluskan, sisihkan.
Panaskan unsalted buter, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging, aduk hingga matang dan berubah warna.
Tuang oatmeal cair dan kaldu, didihkan.
Masukkan makaroni, aduk rata, angkat. Tambahkan keju parut dan peterseli cincang, aduk rata.

Puree tahu sutra:

½ potong tahu sutra, kukus, haluskan/blender
Penyajian bisa dengan bubur havermut/beras merah/beras putih atau dengan saus buah2an dicampur dengan sayur2an.

Tahu ayam

Bahan:
½ potong tahu sutra haluskan dengan garpu
Daging Ayam secukupnya, haluskan
Daun bawang/bawang bombay secukupnya, cincang halus
¼ cangkir kaldu ayam

Cara membuat:
Panaskan kaldu, masukkan daun bawang, masukkan daging ayam, masak hingga ayam matang.
Kemudian masukan tahu sutra, aduk hingga tahu matang, masukkan keju parut secukupnya aduk rata.
Dapat disajikan sebagai lauk bubur beras.

Bubur tahu kabocha kuning

Bahan:
2 sdm beras merah
150 ml kaldu ayam
½ potong tahu sutra
kabocha kuning 25 gr/secukupnya (porsi bayi)

Cara membuat:
Masak beras merah dengan kaldu ayam hingga matang, sisihkan
Kukus tahu sutra
Kukus kabocha kuning
Haluskan tahu sutra kukus dengan kabocha kuning
Sajikan dengan bubur sebagai lauk

Pepes tahu telur

Bahan:
2 potong tahu sutra ukuran sedang, haluskan
1 butir kuning telur rebus
Bumbu halus:
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 butir kemiri

Cara membuat:
Campur bumbu halus dangan tahu, aduk rata
Masukkan tahu ke dalam cetakan makaroni (alumunium foil bentuk mangkuk kecil), masukan kuning telur ditengahnya tutup lagi dengan adonan tahu. Kukus hingga matang (kurleb 20 menit).
Note: wadah alumunium foil bisa diganti dengan daun pisang.. (berhubung aku gak yakin bisa ngebungkus pake daun pisang dan dirumah ada cetakan ini, jadi aku pilih cetakan ini deh..hehehe)

Tahu ikan patin

Bahan:
1 potong tahu putih (+uk 4 x 9 cm)
1 potong ikan patin
Daun bawang cincang halus
Bawang bombay cincang halus
2 cangkir air matang
1 potong kecil jahe, memarkan

Cara membuat:
Rebus ikan patin, tahu , daun bawang dan bawang bombay
Setelah matang, angkat tahu dan ikan patin, haluskan, campur, aduk rata, siram dengan kuah ikan
Sajikan hangat.
• Jenis Tahu disesuaikan dengan si anak yah, soalnya bita gak suka tahu putih biasa, jadi pake tahu sutra deh..

Sup Tahu brokoli

Bahan:
2 sdm tahu putih/tahu sutra yang telah dihaluskan
3 kuntum brokoli haluskan
½ cangkir kaldu ikan

Cara membuat:
Masak tahu dan brokoli dengan kaldu ikan hingga matang, sajikan hangat.

Tahu telor

Bahan:
1 sdm labu siam parut (bisa diganti wortel, brokoli, kentang, labu kuning dll)
1 btr kuning telur (ayam kampung) matang, haluskan
1 potong tahu putih/tahu sutra (kurleb 20gr), haluskan
1 cangkir kaldu ikan/kaldu ayam/kaldu daging
Daun bawang cincang halus
1 sdt keju parut

Cara membuat:
Masak tahu dengan kaldu ikan, labu siam dan daun bawang hingga matang
Angkat dan campurkan dengan kuning telur dan keju parut aduk rata. Sajikan.

Tahu kukus wortel

• Bahan:
1 potong tahu sutra
2 sdm wortel parut
2 sdm daging giling
2 buah tomat hijau kupas potong kecil
3 helai daun kemangi
1 lbr daun salam
1 btr kuning telur
• Bumbu halus:
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 btr kemiri
1 cm kunyit, kupas

Cara membuat :
Cuci tahu, haluskan, tambahkan wortel, daging giling, telur dan bumbu halus, aduk rata.
Letakkan daun kemangi, daun salam, tomat hijau, dan adonan tahu dalam pinggan tahan panas.
Panaskan kukusan, masukkan adonan tahu, masak hingga matang.

Puree Tempe

1 potong tempe ukuran sedang (kurleb 20gr kira2 aja yah..gak ngerti ukuran nih)
1 lbr daun salam
1 batang serai, simpulkan
½ cangkir air matang
1 bh ceker ayam

Cara membuat:
Rebus ceker ayam dengan daun dalam dan serai hingga mendidih, masukan tempe masak hingga matang, haluskan tempe dengan air rebusan secukupnya
Sajikan sebagai pelengkap/lauk nasi tim

Kentang brokoli saus wortel

Bahan:
1 bh kentang, kupas
3 kuntum brokoli cincang kasar
½ potong wortel, kukus haluskan
125 ml kaldu ayam

Cara membuat:
Rebus kentang dan brokoli dengan kaldu ayam, haluskan
Blender wortel yang sudah dikukus campur dengan air matang secukupnya
Masukkan kentang brokoli kedalam mangkuk bayi, siram saus wortel diatasnya

Sup Krim Kentang

Bahan:
1 buah kentang, kukus, haluskan dng blender
1 sdm kabocha parut
½ potong bawang putih cincang halus
Bawang bombay secukupnya cincang halus
1 cangkir air
1 sdt keju parut
1 sdm oatmeal halus
Daging cincang

Cara membuat:
Rebus daging hingga air mendidih, masukkan bawang putih, bawang bombay, daun bawang dan kabocha, masak hingga matang.
Masukkan oatmeal halus dan keju parut, aduk rata hingga kental.
Masukan kentang halus, aduk rata angkat, sajikan hangat.

Puree kuning telur

Bahan:
1 butir kuning telur ayam kampung
1 sdt keju parut
2 sdm air/kaldu/asip

Cara menyajikan:
Campur semua bahan aduk rata, sajikan.

Sup telur:

Bahan:
¼ potong wortel ukuran sedang, parut halus
½ potong kentang, parut halus
Bayam secukupnya, cincang halus
Daun bawang secukupnya cincang halus
1 butir kuning telur matang, haluskan
1 cangkir kaldu ayam/daging

Cara membuat:
Panaskan kaldu ayam, masukan daun bawang, wortel dan kentang
Setelah wortel dan kentang lunak, masukkan bayam
Masukkan kuning telur dan keju parut aduk hingga rata, setelah semua bahan matang angkat.
Sajikan sebagi lauk bubur nasi

Sup Krim Jagung

BAHAN :
2 sdm daging ayam/sapi cincang
1 sendok makan tepung oatmeal, cairkan dengan 3sdm air matang
100 ml kaldu ayam
secuil pala bubuk
2 sdm jagung manis parut, haluskan
1 sdt keju parut

CARA MEMBUAT :
• Rebus kaldu ayam dengan daging cincang sampai matang
• Masukkan jagung aduk2 hingga matang
• Masukkan oatmeal cair dan keju parut aduk hingga sup kental dan matang, angkat, sajikan

Sup tomat ubi merah

Bahan:
2 bh tomat ukuran sedang
2 sdm ubi merah parut (dari ½ potong ubi merah)
2 lbr Sawi putih, cincang halus
1 sdt keju parut (optional)
2 ceker ayam
1 cangkir air matang

Cara membuat:
Panaskan air dan ceker ayam hingga mendidih
Masukkan ubi merah, masak hingga empuk, masukkan tomat dan sawi putih aduk rata, masak hingga matang.
Taburkan keju parut diatasnya, sajikan.

Sup Kacang Merah (a recipe from Nirul)

2 sdm kacang merah rebus, haluskan
¼ cangkir kuah kaldu. dari tulang ayam kampung yg direbus dengan tomat dan wortel, beri seledri cincang secukupnya, sajikan hangat.
Tumis Labu siam kacang merah
Bahan:
2 sdm labu siam parut
2 sdm kacang merah rebus, haluskan
4 sdm air kaldu ayam
Bawang bombay cincang halus

Cara membuat:
Tumis bawang bombay dengan air kaldu ayam hingga layu dan wangi, masukkan labu siam parut masak hingga matang, masukkan kacang merah halus, aduk rata angkat

Bakso oatmeal

Bahan:
2 sdm Ikan tuna cincang halus
2 potong tahu sutra
3 sdm tepung oatmeal a.k.a oatmeal yang digrinder halus
bumbu halus:
2 atau 3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 potong kemiri
Kuah:
2 cangkir kaldu ayam
1/2 potong tomat, kupas, buang bijinyam potong2 kecil
1 lbr daun salam
daun bawang secukupnya cincang halus
serai 1 batang simpulkan

Cara membuat:
Campur semua bahan kecuali bahan kuah tentunya, trus dibulatkan pake sendok, rebus sampe matang (ngambang klo udah mateng), tiriskan. Kuahnya: rebus semua bahan sampe mendidih, masukin bakso rebus sampe matang, angkat sajikan, hangat. Teksturnya dijamin lembut gak bikin keselek dan gampang dipotong.

Agar apel

Bahan:
1 bh apel red delicious kupas potong empat kukus
1 sdt agar swallow putih
saus:
1 bh jeruk baby ambil airnya

Cara membuat:
Potong apel kukus menjadi kubus kecil susun dalam cetakan agar. Masak agar dengan 200 ml air matang hingga matang, angkat tuang ke dalam potongan apel. Diamkan hingga mendingin dan beku. Sajikan dengan kuah jeruk baby

(semua resep di atas hasil karya dari Inta – sabitahnyamamapapa.multiply.com)

French Fries Brokoli Saus Keju Oatmeal (1.5y +) — by Depe Zahrial

Ingredients:
– 1 Lepek kecil French Fries Beku ( bisa diganti kentang segar)
– Kuntum-kuntum Brokoli secukupnya (anak saya demen brokoli, jadi dikasi agak banyak)
– susu dancow 2 sdm dilarutkan dengan 50 ml air (bisa diganti dengan uht plain *lagi ga nyimpen dirumah*)
– keju kraft parut 1 sdm penuh
– oatmeal quick cook 1 sdm penuh
– unsalted butter 1/2 sdt *supaya wangi*

minyak untuk menggoreng, oregano sak-ncrut

Directions:
1. Goreng kentang sampai kecoklatan, tiriskan di atas serbet kertas
2. panaskan campuran susu-keju-oatmeal-oregano-butter hingga mengental, sisihkan.
3. kukus/ rebus brokoli sampai matang tapi jangan kematangan. Rendam sebentar dalam air dingin setelah diangkat dari kukusan/panci rebusan.

Penyajian :

ambil mangkuk, tata kentang goreng, brokoli bersebelahan. Lalu tuangkan ‘bubur’ saus oatmeal keju di sampingnya lagi.

sajikan hangat-hangat!

NB: sayuran bisa ditambah wortel kukus, buncis kukus, atau sayuran pilihan anak.

KUE / CAMILAN

Bola-bola Coklat

by : Nursiam

bahan :

1 bungkus Marie regal (haluskan)

100gr gula halus

1 1/2 gelas susu cair (atau secukupnya, sampai bisa dibentuk)

3 sendok makan coklat bubuk (atau sesuai selera)

rum (sesuai selera) tidak pakaipun masih enak

meises secukupnya

Cara membuat :

campurkan marie regal, gula halus juga coklat bubuk aduk jadi satu, lalu tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk bulat2, terakhir masukan rum sesuai selera.

Kemudian bentuk bulat2 dan digulingkan pada meises, setelah selesai masukkan ke dalam kulkas lebih nikmat.

Bolu Kukus — milis mpasirumahan

200 g tepung beras merah
1 sdt baking powder
½ sdt garam
½ sdt vanili bubuk
2 lembar daun pandan, robek-robek, simpulkan
3 butir telur
1 putih telur
100 g gula pasir
60 ml minyak zaitun extra light/minyak goreng
minyak goreng untuk mengoles loyang

Cara membuat:
1. Campur tepung beras merah, baking powder, garam, dan vanili bubuk, aduk rata. Sisihkan.
2. Siapkan 8 buah loyang bundar lubang tengah berdiameter 10cm. (Bila tak ada, Anda bisa menggunakan loyang besar berlubang tengah dengan diameter 20 cm.) Olesi minyak goreng. Panaskan dandang berisi air, tambahkan daun pandan ke dalam air. Panaskan loyang,pasang tutup dandang.
3. Sementara itu, kocok telur dan gula pasir dengan mikser kecepatan tinggi hingga putih dan kaku, angkat mikser. Masukkan campuran tepung beras merah, aduk dengan spatula. Tambahkan minyak zaitun/minyak goreng, aduk rata.
4. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah panas, kukus hingga mengembang dan masak (25 menit), angkat. Setelah hangat, keluarkan kue dari loyang. Sajikan hangat.

Cake Wortel Keju — Ivana Oktavia (milis mpasirumahan)

3 butir telur
100 g gula pasir
100 g tepung terigu serbaguna, contoh cap Segitiga Biru
50 g wortel serut halus (gunakan serutan keju)
50 g keju cheddar serut
3 sdm minyak goreng

1. Kocok telur dan gula pasir dengan mikser kecepatan tinggi
hingga mengembang dan kental (hingga adonan membentuk ujung lancip
jika dituang). Matikan mikser, angkat.
2. Masukkan tepung terigu, aduk-balik dengan spatula hingga
rata. Tambahkan wortel dan separuh keju, aduk-balik hati-hati hingga
rata. Tambahkan minyak goreng, aduk.
3. Tuang adonan ke dalam panci antilengket diameter 15 cm,
taburi keju serut. Tutup panci. Jerangkan di atas api kecil hingga
cake masak (20 menit), angkat. Sisihkan hingga hangat, potong-potong.


31 Responses to “Resep MPASI”


  1. December 17, 2008 at 7:14 am

    pung..ikut copas ya..
    biar gampang kl nyari2 resep
    tengkyuuuuu….muuuaaaahhhh

  2. March 30, 2009 at 6:20 am

    hai mom… tfs yah… dari milis mpasirumahan juga nihh… numpang co-pas buat inspirasi yah…

  3. 3 edelwz
    March 31, 2009 at 3:16 am

    Renee n Dewi..

    silakann.. silakaaannn…

  4. 4 Jinny
    May 4, 2009 at 4:51 am

    hi mom…ijin copas yah resepnya buat anakku :) Thanks berat

  5. 5 bundakenken
    June 11, 2009 at 1:46 am

    Wah resepnya sip martusip .. :)
    yummy pasti
    thanks ya mom..bener..bener memberi pencerahan
    mo ikutan copas jg nie..

  6. July 29, 2009 at 4:58 am

    minta izin nyontek resepnya ya Mbak, biar anakku (Nazneen, 10 m 7 d) sehat dan ceria :-)
    thanks a bunch

    Izzah

  7. 7 kris
    September 1, 2009 at 7:01 am

    mbak’aku co-pas resep nya ya buat anak ku (audre)
    trims

  8. 8 fitri indriany
    November 5, 2009 at 1:38 pm

    ikut copas juga,anakku Alhamdulillah lg seneng makan bnyk baru sembuh sakit diare

  9. 9 zameera
    April 18, 2011 at 7:20 am

    terimakasih resepnya… ijin copast juga yaa
    bayi saya masih 4 bulan, tapi dah mulai kumpulin resep2 mpasi nich
    sangat bermanfaat..:-)

  10. 10 Yenoy
    June 17, 2011 at 2:28 pm

    Wow, resepnya byk bgt.. Bgs bgt utk variasi makan anakku… 2 Mgg lagi nih mpasi nya.. Thanks yaa, so helpful… Oh iya, minta ijin copas ya…

  11. October 6, 2011 at 5:02 am

    ikutan copas yah mba :)
    thanks

  12. October 21, 2011 at 7:39 am

    Thanksss.. Definetly akan dijadikan daftar menu mingggu ini.. Heheh

  13. October 31, 2011 at 8:08 am

    thanks for sharing…izin copas yaaa… :D

  14. 14 Na
    November 10, 2011 at 12:26 am

    mbk ijin copas resep2nya ya aq lagi cari tambahan resep buat variasi mpasi nya anakku, tks ya mbk

  15. 15 wiwin febryanti
    November 13, 2011 at 4:04 pm

    horeeee….asik…asik…asiikk….ijin copas yach moms resep2nyah..hihihih
    kl ada resep baru di share lagi yaaaa

  16. 16 irina
    December 4, 2011 at 8:54 am

    Wahhhh terima kasih…ijin copas yaa mom :D

  17. 17 dwi
    December 27, 2011 at 5:50 pm

    dear mom,ijin copas jg ne bt tmbahan refrensi biniq tq

  18. 18 dians
    February 14, 2012 at 9:46 am

    Mom.. aku ijin copas yah.. boleh sekalian share schedule pemberian makannya juga sekalian

  19. 19 bunda latifa
    May 19, 2012 at 5:24 am

    Kok ndak ada keterangan mpasi unt usia brp?

  20. 21 tiyanraoneheartrakha
    August 1, 2012 at 4:44 am

    asyik jg nich

  21. 22 Mumtazz
    August 2, 2012 at 7:43 am

    thx for d informations, sgt mnolonglah pokkny..

  22. September 9, 2012 at 8:01 am

    mau sharing alat masak bubur otomatis, bikin MPASI homemade jadi lebih mudah looo.. ga harus pintar masak :) silahkan mampir ke http://organicsmarket.blogspot.com/
    kami juga menyediakan bahan organik sebagai bahan baku MPASI untuk buah hati anda :)

  23. 24 adie_balzary
    September 26, 2012 at 3:45 am

    Ijin Copas yah. Thanks

  24. 25 GARRY
    November 8, 2012 at 2:15 am

    mau tahu resep dari beras merah dunk!!!!!

  25. 26 ulfatun rahmah
    November 10, 2012 at 10:32 am

    Terrima kasih banyak bunda bermanfaat sekali … Sekarang jadi gak bingung lagi,, MPasi buatan sendiri tanpa pengawet dan bergizi …semoga tumbuh kembangnya lebih optimal dan nafsu makannya bertambah

  26. 27 puspa
    November 25, 2012 at 10:46 am

    Ngukus kabocha kira2 brp menit ya bunda

  27. 28 vunny
    August 21, 2013 at 8:26 am

    izin copas ya bunda,terima kasih :))

  28. October 8, 2013 at 8:47 am

    Terima kasih resepnya ya mommy..

  29. 30 hesti syahyr
    January 7, 2014 at 10:59 am

    Izin copas ya bun. Thanks :)
    oiya utk puree kuning telurnya itu mentah y?

  30. 31 Jinga Sendu
    February 11, 2014 at 4:52 am

    wah keren nih resep2nya yah, biasanya sih saya kasih bubur kentang dengan sup saripati ayam ini http://goo.gl/km1Eo9 untuk si kecil


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Fashion Termurah dan Terlengkap. Mau cantik? Masuk ruang dandan dulu dong

Photobucket

Ngobrol Bareng Saya

Categories

July 2014
M T W T F S S
« May    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 507,998 hits
Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Third Birthday tickers
Lilypie First Birthday tickers

Who’s Here?

Photobucket
Photobucket

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: