23
Jul
08

Mengapa Susu UHT?

Secara alami susu segar telah mengandung semua zat gizi dalam jumlah dan komposisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Sesuai dengan namanya, susu formula adalah susu yang diformulasi dengan bahan-bahan lain, agar memiliki komposisi seperti yang diinginkan. Itulah sebabnya, mengapa saat
ini di pasaran ditemui begitu banyak macam susu formula, masing-masing dengan klaim dan iming-iming tertentu.

Bayi hingga usia 4-6 bulan sebaiknya memang mendapatkan ASI eksklusif Di atas usia tersebut sudah saatnya untuk mendapatkan makanan pendamping ASI (MP-ASI). Untuk sementara MP-ASI yang dipilihkan dapat berupa susu formula khusus untuk bayi di atas 6 bulan. Bila nanti sudah berusia 9 bulan, bayi
ibu sudah bisa dilatih dengan susu UHT, tetapi harus diencerkan terlebih dahulu dengan air. Apabila sudah berusia 12 bulan, susu UHT dapat diberikan seutuhnya anak. Jumlah yang diberikan berkisar antara 2 – 3 gelas sehari (1 gelas = 250 ml)., sesuai kemampuan anak.

Susu UHT direkomendasikan untuk diberikan kepada anak usia di atas 12 bulan. Dengan demikian putra Ibu sudah memenuhi kriteria tersebut. Budaya minum susu UHT harus dipertahankan hingga usia balita, remaja, dewasa bahkan lanjut usia. Karena melalui minum susu secara rutin, fisik anak akan tumbuh
secara optimum dan kuat, serta kesehatannya akan selalu terjaga prima sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Sejak dini harus diusahakan agar anak memiliki status gizi yang baik, yaitu tidak kurang dan juga tidak lebih. Oleh karena itu, anak-anak harus diusahakan memiliki status gizi yang baik melalui pola makan yang benar, yaitu dengan menerapkan konsep menu seimbang. Menu seimbang artinya makanan
yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral, sesuai dengan kebutuhan anak. Cara paling sederhana untuk memonitor status gizi anak adalah dengan cara mengukur tinggi badan atau berat badan, serta mencocokkannya dengan Tabel tinggi badan menurut umur atau Tabel berat badan
menurut umur. Tabel tersebut bisa dilihat di buku-buku tentang gizi atau panduan rumah sakit.

Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu yang diolah dengan suhu pemanasan sangat tinggi (135-145ºC) dalam waktu yang sangat singkat (2-5 detik). Pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme, baik pembusuk maupun patogen (penyebab penyakit). Waktu pemanasan yang sangat singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan
nilai gizi susu, serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah dibandingkan susu segarnya. Di dalam teknologi pangan, telah diketahui bahwa pengolahan dengan suhu pemanasan yang tinggi tetapi dengan waktu yang sangat singkat, lebih dapat menyelamatkan nilai gizi daripada
suhu pengolahan yang lebih rendah tetapi dengan waktu yang lebih lama.Pengolahan susu cair segar menjadi susu UHT relatif lebih sedikit pengaruhnya terhadap kerusakan zat-zat gizi, dibandingkan dengan pengolahan susu bubuk.

Susu bubuk berasal susu segar yang kemudian dikeringkan, umumnya menggunakan spray dryer atau roller dryer. Kerusakan protein sebesar 30% dapat terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk. Kerusakan vitamin dan mineral juga lebih banyak terjadi pada pengolahan susu bubuk.

Susu UHT dapat dijadikan sebagai pengganti susu bubuk. Dalam beberapa hal, susu UHT lebih praktis diberikan kepada anak-anak, yaitu mudah dibawa, tidak perlu waktu untuk menyiapkannya, serta awet disimpan pada suhu kamar selama 10 bulan meskipun tanpa bahan pengawet. Konsumsi susu penting untuk meningkatkan sistem imunitas (kekebalan) tubuh terhadap berbagai penyakit.

Sesungguhnya susu cair dapat diandalkan sebagai bahan pangan sumber zat gizi yang sangat baik. Itulah alasan utamanya mengapa konsumsi susu cair di dunia selalu lebih tinggi dibandingkan susu bubuk. Hanya di Indonesia, berlaku hal sebaliknya. Hal tersebut merupakan warisan masa lalu, khususnya
di zaman penjajahan yang lebih mudah untuk mendistribusikan susu bubuk ketimbang susu cair. Kendala lain di masa lalu adalah keterbatasan teknologi pengolahan susu dan keterbatasan lemari pendingin.

Selain itu keunggulan susu UHT dibandingkan yang lain adalah:

  1. aman untuk dikonsumsi, karena telah bebas dari mikroba pembusuk dan mikroba penyebab penyakit, 
  2. memiliki warna, rasa dan penampakan yang mirip susu sapi segar,
  3. susu bersifat awet dan tanpa bahan pengawet,
  4. sangat praktis untuk dikonsumsi dan tidak membutuhkan lemari pendingin,
  5. mengandung zat gizi yang sangat bermanfaat bagi pemeliharaan kesehatan tubuh yang optimal.
About these ads

21 Responses to “Mengapa Susu UHT?”


  1. July 28, 2008 at 3:13 pm

    weleh kok nama saya di sebut2 di sini.. sepertinya saya tdk pernah di interview deh…wakakwkakkak…

    ahh sukurlah dot/empeng gak ngaruh ke perkembangan gigi :D

    thanks info na :D

  2. 2 eric
    August 5, 2008 at 5:57 am

    Anak saya umur 9 bln.saya berencan memberikan dia susu cair UHT.yg jadi pertanyaan saya brapa air yg harus saya campur untuk mengencerkan untuk 1 L susu UHT

  3. 3 edelwz
    August 5, 2008 at 6:14 am

    @eric

    pak, anaknya selama ini masih asi ato campur sufor? kalo menurut saya mending nunggu ampe 1th deh pak.. hehehe.. mencari amannya saja, karena saya pernah baca juga kalo susu sapi baru boleh dikasi ke anak mulai 1th. lagian kalo dicair2in gitu biasanya kan rasa jadi tawar, kemungkinan besar anaknya masih lum mau :) sekedar saran aja sih..

  4. June 3, 2009 at 9:14 am

    Saya mau curhat nih, anak saya usia 9 bln, dari kecil ndak dapet ASI (asi keluarnya sedikit dan pas umur 1 hr bidan nyaranin minum susu formula) akibatnya sampe skr paksusu formula terus. Pernah suatu hari saya ganti dari susu BMT platinum sy ganti Promil, efeknya pupnya keras dan tidak mau makan, terus saya ganti lagi dg BMT kembali. Nah berhubung dengan adanya artikel ini dan jg denger2 susu UHT kalo saya liat bagus saya berinisiatif mau mengganti dengan susu UHT. Kalo bs kasih saran gemana baiknya ya? Makasih…..

  5. 5 edelwz
    June 5, 2009 at 9:12 am

    dear pak Zuhdi,

    share aja ya pak, sebaiknya susu UHT itu diberikan pada anak ketika anak sudah berusia 1 tahun. Boleh dicoba sedikit2, awalnya bisa dicampur dulu dengan sufornya, kemudian jika anak sudah terbiasa dengan rasa UHT, baru dikasih full UHT.

    saya kasih UHT ke anak saya ya setelah dia 1 tahun.. jadi bapak sabar dulu ya :)

  6. 6 tikno
    March 17, 2010 at 3:33 am

    Pak, anak saya 2 minggu lagi sudah genap 1 tahun. Sampai sekarang anak saya masih minum SUFOR dicampur ASI. Saya ingin menggantikan sufor tersebut ke susu UHT. Apakah boleh saya berikan susu UHT mulai sekarang?

  7. 7 mama nick
    June 22, 2010 at 5:55 am

    anak saya sudah berumur 2 tahun, ada alergi, apakah susu UHT aman untuk anak alergi? kalo aman akan lebih mudah untuk bepergian tanpa harus meracik susu ketika si kecil mau minum susu.
    trimakasih

  8. 8 bunda haidar
    December 9, 2010 at 1:35 pm

    anak saya hampir 13 bulan dah mulai dikenalkan pada susu uht, dari pertama langsung suka, mau tanya klo susu uht bisa tahan berapa hari klo gak usah sitaruh di lemari pendingin.makasih

  9. 9 Momy Raihan
    February 11, 2011 at 5:25 am

    Anak saya 2 tahun bisa menggunakan SuFor (procal,gnplus) sejak usia 1 bulan, gara2 marak berita ttg e-sakazaki jadi kepikiran mw beralih ke UHT, ada saran gak kira2 merk atw jenis apa yg bisa diberikan, trims

  10. 10 elna
    March 23, 2011 at 6:40 am

    tolong dong ksh tau merk susu UHT yg bgs. di sekolah, anakku ga mau mkn, jd sy mau ksh susu UHT aja biar ga laper. thanx y

  11. 11 ibunya faqihdinan
    March 23, 2011 at 4:54 pm

    anak saya faqih 22 bulan memang sudah mengkonsumsi susu UHT sejak sekitar lima bulan yang lalu..dari sekian merek susu UHT yang ada di pasaran, rata rata menawarkan varian rasa yang macemmacem…yang jadi pertanyaan, susu UHT yang lebih baik untuk anak pilih yang original atau yang ada varian rasanya..thx

  12. 12 bunda adit
    March 24, 2011 at 2:15 pm

    anak saya prematur 31 mg. asi eksklusif 7 bulan. trus berhenti krn bb bayi rendah dan asi hanya 300 ml sehari. skrg 21 bulan berat 12,5 kg (sempat nutren junior, nan ha dan formula100). alergi susu sapi ke pernapasan (batuk) dan pencernaan (mencret). tapi kalau nutren junior atau pedisure nggak papa. jadi, klo diberi uht nggak amankah untuk anak alergi susu sapi?

  13. 13 aya
    June 26, 2011 at 12:15 am

    Hi, anak saya alergi susu sapi sejak lahir. Tapi semenjak umurnya menginjak 1 tahun, alerginya jadi berkurang jauh. Sejak umur 1 tahun saya ganti susunya jadi Chilkid platinum (sebelumnya anak saya cm minum asi 2 bulan lalu ganti ke sufor merk Pregistimil, NanHA, nutrilon Ha, S26, nutrilon royal). Tapi akhir-akhir ini si anak jadi mogok minum susu sejak dia sembuh dari sakit flu tepatnya. Sempet saya ganti susunya ke Enfagrow tapi tetep ga mau minum (minumnya jadi dikit sekali, kurang dari 100cc) Lalu iseng2 saya coba kasi susu UHT, eh ternyata dia suka sekali. Biasa sufor cuman mau minum 100-150cc, skr dng susu UHT dia bs minum 200cc. Alerginya juga ga keluar tuh. Yang saya bingung skr adalah apa bener susu UHT itu lebih bagus drpd sufor??? Saya sempet berpikiran untuk ganti total ke susu UHT tp masih ragu..

  14. 14 retna
    November 25, 2011 at 10:50 pm

    Anak saya sejak berumur dua tahun pake uht. Sebab kalo pake sufor suka bosen rasanya. sehingga pernah ganti2 merk sufor.
    Sampe akhirnya beralih ke uht, anak saya jadi sangat rajin minum susu. Di usianya yg menginjak 4 tahun, anak saya semakin suka minum uht.
    Pilihan rasa dan merk uht banyak di pasaran, tapi anak saya justru suka susu yg rasanya plain. Saya pikir bagus juga sebab kadar gulanya kan sedikit shg tidak menyebabkan obesitas.
    Merk susu yg saya konsumsi biasanya antara dua aja : yg bergambar sapi (dus biru) dan yg ada benderanya.. Hehehe..

  15. January 2, 2012 at 9:30 am

    Waduh, nyesel juga dari kecil selalu minum susu bubuk. Kalo beli susu murni keliling malah dimasak lebih dahulu, berarti cuma minum air saja karna gizinya udah rusak. UHT memang jawabannya. Indonesia yang banyak salah kaprah.

    • 16 Nining Bawa Rani
      July 6, 2012 at 10:31 am

      Saya kadang geli,sendiri, bnyk para ibu yg berpendapat “lbh mahal lbh bagus, dg embel2 ‘royal’, ‘platinum’, ‘gold’ dll” dan mereka bangga kalo sdh memberikan susu yg mahal……please dech….. kalo sy pribadi semua sufor itu adalah sama dan sdh menurut standarisasi(apa tu ya namnya aku lupa, kalo USA:FDA), penambahan suatu zat/formula teertentu itu hny utk kepentingan marketing dan penambahan zat utk susu dg “embel”itu tdk memakan biaya produksi yg berarti di banding dg susu reguler tsb diatas…jadi hrg yg berbeda jauh antara susu dg “embel” dan susu reguler itu hny utk kepentingan marketing ,mengingat bgt ketatnya kompetisi prudusen susu…..untung sy baca di internet tapi lupa nama blognya. dan saya lbh suka susu UHT yang plain…tapi yg plain susah di dapat kalo nggak ke supermarket besar.

      dan lagi saya lbh suka memberi makanan utama yg “organic, beras pecah kulit, ikan yang di beli masih hidup jadi benar2 bebas formalin krn kadang biarpun beli di supermarket besar pun kucing nggak doyan krn bau formalin kali…..JADI PARA IBU…’BE WISE…….KARENA ANAK2 KITA ADALAH PENERUS BUMI YANG HIJAU INI………..

  16. June 26, 2014 at 7:30 am

    terimakasih ya gan atas semua informasi nya
    salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Fashion Termurah dan Terlengkap. Mau cantik? Masuk ruang dandan dulu dong

Photobucket

Ngobrol Bareng Saya

Categories

July 2008
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 506,594 hits
Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Third Birthday tickers
Lilypie First Birthday tickers

Who’s Here?

Photobucket
Photobucket

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: