21
Feb
08

Serba Serbi Buang Air Besar (BAB) Pada Bayi ASI

“Bayi saya (2 minggu) kok sering BAB ya? Tiap selesai menyusu pasti BAB. Diarekah?”

“Tinja bayi saya kadang berwarna hijau. Normal gak ya? “
:Tolong….. ..bayi saya (3 bl) sudah 4 hari gak BAB. Padahal ia hanya minum ASI saja. Perlu dikasih obat pencahar atau pepaya gak ya?”

Seribu pertanyaan yang timbul mengenai Buang Air Besar (BAB) pada bayi. Terutama bayi yang mendapatkan ASI eksklusif. Tak jarang pertanyaan ataupun asumsi yang beredar seputar BAB pada bayi ASI membuat kita menjadi ragu ataupun bingung untuk terus memberikan ASI eksklusif kepada bayi baru lahir. Satu hal yang pasti adalah pola dan karakterisik BAB pada bayi ASI eksklusif memang berbeda dengan bayi susu formula ataupun bayi yang mendapatkan campuran ASI-susu formula. Agar kita tidak kebingungan ataupun ragu, yuk kita cari tahu bagaimana sebetulnya pola BAB & karakterisik tinja pada bayi ASI serta hal-hal seputar BAB pada bayi.
Hari-hari pertama pasca kelahiran

Dua puluh empat jam pertama setelah bayi lahir, ia akan mengeluarkan tinja berwarna gelap kehitaman, agak mengkilat, lengket dan tidak berbau. Tinja ini dinamakan mekonium. Mekonium ini merupakan sisa absorpsi dari ketuban selama bayi berada dalam rahim ibu. Begitu bayi mendapatkan ASI, mekonium akan dikeluarkan dari tubuh bayi. Kemudian dengan semakin seringnya mendapatkan ASI, tinja bayi akan berubah kekuningan dan kadang berbentuk seperti biji (seedy). Warna dari tinja bayi pun berubah dari kuning ataupun kuning kehijauan. Dan hal ini normal sekali terjadi. Tinja bayi ASI juga nyaris tidak berbau. Konsistensi (bentuk) dari tinja bayi juga terkadang berbentuk seperti bubur ataupun vla. Terkadang juga mirip seperti mustard atau selai kacang. Sesekali tampak juga bentuk seperti biji-bijian pada tinja bayi. Hal ini normal sekali terjadi.

Untuk lebih mudahnya, kita perhatikan tabel berikut mengenai pola buang air kecil (BAK) dan karakteristik tinja pada bayi baru lahir. Perhatikan bahwa tabel berikut hanya berlaku untuk bayi baru lahir cukup bulan. Bayi prematur biasanya memiliki tabel yang berbeda.

Usia Bayi Jumlah Minimum BAK Bentuk & Warna BAB
Hari 1 (lahir) 1 Kental, hitam, lengket, spt aspal
Hari ke-2 2 Kental, hitam, lengket, spt aspal
Hari ke-3 3 Kuning kehijauan
Hari ke-4 (saat ASI dibuat banyak) 5-6 Kuning kehijauan
Hari ke-5 5-6 Kuning kental, terlihat “berbiji”
Hari ke-6 5-6 Kuning kental, terlihat “berbiji”
Hari ke-7 5-6 Kuning kental, terlihat “berbiji”
Awalnya disangka “diare”

Seiring bertambahnya usia, bayi baru lahir memiliki pola BAB yang bervariasi. Umumnya bayi akan buang air besar kurang lebih 2-5 kali sehari hingga ia berusia sekitar 6-8 minggu. Tinjanya akan berbentuk sama seperti sebelumnya, cair lunak seperti bubur. Warnanya pun bervariasi dari kuning hingga kuning kehijauan. Karena bayi terkesan sering BAB, maka tak jarang banyak ayah atau ibu yang khawatir bayinya diare. Bahkan beberapa bayi ASI akan BAB setiap kali selesai menyusu. Apalagi pola ini tidak ditemukan pada bayi yang mendapatkan susu formula ataupun campuran susu formula-ASI. Hal ini juga yang membuat banyak orangtua ragu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya, karena takut bayinya terkena “diare”. Tapi benarkah demikian ?! Mengapa ASI membuat bayi di usia ini sering BAB ?

Tahukah kita bahwa kondisi tersebut diatas normal sekali terjadi. Dan bukanlah pertanda bayi mengalami diare. Salah satu manfaat ASI dari ribuan manfaat lainnya adalah ASI akan berfungsi sebagai laksatif atau obat urus-urus. Di awal bayi baru lahir hingga usia bayi 6-7 minggu, ASI akan membersihkan sistem pencernaan bayi saat ia masih di dalam rahim ibu. Kemudian ASI akan melapisi sel-sel usus halus yang masih terbuka dengan antibodi dari ASI, sehingga terlindung dari resiko alergi dan gangguan pencernaan. Tidak hanya itu saat bayi BAB, maka bilirubin yang tidak terpakai dalam tubuh akan dibuang melalui tinja. Ini berarti fungsi hati yang masih belum sempurna akan terbantu dengan baik dan resiko kuning pada bayi akan terminimalisir. Inilah mengapa bayi ASI akan sering BAB. Agar ibu tidak bingung, ibu juga perlu memahami bagaimana tanda diare pada bayi.

Kok jadi susah BAB ?

Saat bayi memasuki usia sekitar > 6 minggu, pola dari BAB akan berubah. Jika tadinya bayi ASI sering BAB, maka ia akan jarang BAB. Frekuensi BAB tiap bayi ASI pun bervariatif. Ada yang 2 atau 3 hari sekali. Bahkan ada yang hingga 12 hari atau lebih tidak BAB. Jika tadinya orang tua khawatir akan bayinya yang sering BAB, maka beberapa minggu kemudian kekhawatiran sebaliknya terjadi. Banyak sekali orangtua yang takut anaknya mengalami sembelit (konstipasi) .

Kondisi tersebut juga normal terjadi. Di usia ini, bayi ASI akan jarang BAB. Hal ini disebabkan ASI diserap sempurna oleh tubuh bayi. Karena diserap sempurna, maka tidak akan ada ampas yang dibuang dalam bentuk tinja. Selama perilaku bayi baik-baik saja, pola pertumbuhannya baik, tidak kesakitan atau rewel luar biasa saat mengejan (lethargic), maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Perhatikan juga saat bayi BAB dan bentuk tinjanya. Jika tinja berbentuk seperti biasa (lunak seperti bubur atau selai) dan bayi tidak mengalami kesulitan saat mengeluarkan tinjanya, maka bayi jelas tidak mengalami sembelit (konstipasi) . Lain halnya bila bayi mengalami sembelit, tinjanya akan keras padat, agak kering dan sulit dikeluarkan. Jika hal ini terjadi, ibu dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter anak.

Seringkali para ayah ibu melakukan intervensi agar bayinya BAB. Mulai dari pemberian obat pencahar, memberikan jus buah hingga merangsang anus bayi dengan sabun dsbnya. Hal ini sama sekali tidak dibutuhkan. Selain bayi akan tergantung dengan rangsangan agar bisa BAB, tindakan tersebut juga dapat membahayakan bayi. Dengan mengenali dan memahami perilaku bayi dan karakteristik tinja bayi agar terhindar dari tindakan yang tidak diperlukan. Sekali lagi semua kondisi yang ada hanya berlaku untuk bayi yang mendapatkan ASI eksklusif dan selama masa ASI eksklusif. Jika bayi sempat diberikan campuran susu formula ataupun makanan lainnya, kondisi normal yang tersebut diatas tidak dapat diterapkan.

Pola BAB yang jarang pada bayi ASI akan terus berlangsung hingga ia berusia 6 bulan atau masa ASI eksklusif terlewati. Begitu bayi ASI mendapatkan MPASI di usia 6 bulan ke atas, konsistensi dari tinja bayi dan pola BABnya akan bervariasi dan ditentukan dari asupan makanan yang masuk.

Yuk kenali warna-warni tinja bayi ASI

Bukan hanya pola BAB dari bayi ASI yang dipertanyakan. Warna dari tinja bayi yang berwarna warni seringkali juga membingungkan dan membuat banyak ayah ibu ragu dan khawatir akan bayinya. Agar tidak tersesat di jalan, mari kita kenali bersama warna dari tinja bayi ASI.

1.. Hitam lengket dan seperti aspal

Tinja ini disebut mekonium yang akan keluar saat BAB pertama bayi baru lahir.

2.. Kuning kehijauan atau kuning kecoklatan. Lunak seperti bubur. Kadang seperti berbiji.

Begitu ASI matang keluar (ASI yang keluar setelah kolostrum, sekitar hari ke-4 pasca bayi lahir), maka tinja bayi akan berwarna kekuningan. Warna kuning ini disebabkan oleh bilirubin yang tak terpakai.

3.. Kuning dan sedikit warna merah darah.

Jika sesekali terjadi, maka hal ini bukanlah sebuah alarm. Perhatikan apakah puting

payudara mengalami lecet atau anus bayi terluka ataupun bayi mengalami sembelit. Apabila selalu dan sering ditemukan darah dalam tinja, maka konsultasikan pada dokter.

4.. Tinja berwarna hitam dan keras padat diiringi sembelit.
Umumnya disebabkan pemberian suplemen zat besi yang jelas tidak diperlukan oleh bayi ASI. Zat besi dalam ASI lebih mudah diserap oleh tubuh dan jumlahnya cukup untuk bayi. Sehingga pemberian suplemen zat besi tidak dibutuhkan untuk bayi ASI.

5.. Kehijauan

Umumnya disebabkan oleh makanan yang ibu konsumsi. Dapat juga disebabkan oleh asupan ASI yang tidak seimbang, yaitu bayi relatif hanya mendapatkan asupan ASI awal (foremilk) daripada ASI akhir (hindmilk). Terutama jika tinja bayi sering sekali berwarna hijau. Karena itu berikan ASI di satu payudara hingga bayi selesai menyusu ataupun payudara terasa kosong.

Dengan memahami pola BAB dan karakteristik dari tinja bayi, berbagai keraguan dan ketakutan yang ada dalam pemberian ASI eksklusif dapat kita hindari dan ibu menjadi tenang. Semakin ibu tenang dalam memberikan ASI eksklusif, semakin lancar juga hormon oksitosin bekerja untuk memproduksi ASI. Gimana ?! Gak ragu lagi kan ?!
Selamat menyusui !

* ditulis oleh Luluk Lely Soraya

About these ads

191 Responses to “Serba Serbi Buang Air Besar (BAB) Pada Bayi ASI”


  1. 1 fitri
    March 5, 2008 at 4:30 am

    Mbak, mau tanya ya.. Anak saya usia 3 bulan. Sudah 1 minggu ini dia BAB-nya rata-rata 6 kali sehari dgn warna kuning khijauan. Malah hampir selesai saya susui dia pasti BAB. Bagian pantatnya pun skrg ini memerah seperti ruam. Saya memberi asi ekslusif, dan cuti sy habis sejak tgl 18 februari. Saya memberikan perasan asi dgn botol (dot). Apakah bayi saya kena diare?
    Thnks.

  2. 3 DINA
    March 5, 2008 at 7:10 am

    mbak… saya mau tanya, anak saya (4.5 bln) jarang BAB sejak dia berusia 2 bulan. sampai saat ini saya masih memberikan ASI eksklusif. Pada saat pertama dia jarang BAB (10 hari belum BAB) saya bawa ke dokter, dan di dokter diberikan obat pencahar yang lewat anus. karena kata dokter bila lebih dari 7 hari tidak dikeluarkan akan menjadi racun. Sekarang sudah 7 hari anak saya belum BAB, apakah perlu diberikan pencahar lagi mengingat perkataan dokter diatas. Terimakasih atas jawabannya.

    • 4 ria
      May 23, 2011 at 4:07 pm

      Hello Mba Dina,

      Aku mengalami hal yg sama …. anak Mba Dina waktu itu gimana akhirnya?…. anakku 3,5 bulan …. ini udah yg ke-3 kalinya dia ga BAB sampe 7 hari …. yg ke-2 sudah pernah dikasih Microlax … terima kasih ya ….

    • January 27, 2014 at 1:19 am

      Mbak anak saya umur 2bln mau nginjak 3bln,, sdh 6hari blm bab. Padahal pake asi eksklusif. Sampe khawatir nya saya bntu pake obt pencahar.. sdh sya bntu jg mkn pepaya n sayur2an.. tp kok tetap aja gk lncar..padahal dlu lancar sehari skali atau gk sehari ya 3hari bab. tolong Jawabnya.

  3. 6 yulia
    March 8, 2008 at 2:49 pm

    Bagaimana ya anak saya berumur hampir 7 bulan sekarang sudah diberikan MP ASI dan campur dengan susu formula, namun akhir2 ini BAB nya hampir 3-4 hari sekali dan setiap BAB pasti ‘ngeden’ seperti sulit keluar. bagian anusnya juga merah? apa yg harus saya berikan?

  4. 7 BalQis......
    March 12, 2008 at 5:13 am

    mbak…..ni qlagi nunggu hasil lab,,,tadinya sich ..faeces babyq normal2 az tapi gara2 diimunisasi DPT2 dy panas trus rewel!awalnya qpkir biasa cuz efek imunisasi gt….eh masih tetep rewel..subuh tadi dy ngluarin faeces+cmpur ma darah????ni gr2 imunisasi ato qganti susu y?kta dokter babyq kena radang usus nich>>>so gmn????

  5. 8 enkei
    April 6, 2008 at 1:38 pm

    mba,mybaby baru 2.5bln,BAB nya sehari 2x thok,tapi banyak.
    warnane kuning cair,tapi kok ada spt lendirnya sdkt&berbiji.kdg juga berwarna kuning campur hijau,spt berserat.apa kondisi demikian ini normal? BAKnya sering bgt.mybaby asi eksklusif.kdg perutnya bunyi jika ditepuk.beratnya naik 1kg perbln nya sjak lhr.ap ini menunjukkan mybaby sakitkah?ap yg hrs saya lakukan?

  6. May 5, 2008 at 1:30 pm

    Mbak..,mybaby umur 2.5 bln susah BAB.,n BAKnya sering bgt..,Asi eksklusif n perutnya bunyi kalo ditepuk.sekarang berat bdnnya 6.5 kg..,br lahir brt bdnnya 3.5 kg..,apakah itu normal?
    Dan mybaby sering kaget pada waktu tdr…,mohon solusinya?
    thanks

  7. 11 rahakrist
    May 11, 2008 at 1:40 am

    @mbak jamini.. salam kenal yah.. babyku jg skrng umur 2.5 bln tp gak asi exlusive :D emang wajar deh kayaknya bayi2 seusia anak kita itu susah BAB.. tapi as long as masih 2 hari sekali kata dokter itu masih normal.. emang brapa hari bari BAB, mbak?

    cuma bisa kasih masukan itu aja, semoga membantu ya mbak..
    selanjutnya tugas ibu pungky wehehheee…. :D

  8. 12 Bu yusuf
    May 30, 2008 at 2:42 am

    mba..ni bayi saya sering sekali BABnya sepert diare tapi setelah diberi MPASI bayi saya BABnya jdi agak keras belum lagi klo mulai buang air besar selalu “ngeden” kaya kesusahan pdhal ya gak keras-keras amat BABnya,,ini bayisaya sudah tidak asi sejak 4 bulan ironis memang karena ASI saya sedikit!!dan payudara saya kecil tapi badan saya melar mba…giman acara meningkatkan ASI y???dan kenapa anus bayi saya(skrng umur 6 bulan)kok merah???tolong dibalas atas sarannya saya ucapkan terima kasih…

    • 13 ummu farros
      June 21, 2012 at 3:14 am

      kl anus memerah,coba dikasih minyak zaitun coz ank sy jg gt.bwt meningkatkan ASI,coba prbanyak makan sayur daun katuk.
      kl anak bab berkali2 tp sdkt2 n ga encer tu knp y?kdg2 warnanya hijau,kadang kuning.sehari bs lbh dr 5 kali.

  9. 14 edelwz
    May 31, 2008 at 10:15 am

    hai bu Yusuf.. edelweiss sekarang udah ampir 6bulan.. puji Tuhan masih asi.. tapi dah saya kasih bubur sedikit2.. hehe, soalnya saya tinggal kerja sih.. udah gak jadi ibu rumah tangga lagi nih..

    ngomong soal meningkatkan produksi asi, kalo saya sih cuma minum air putih yang banyak, trus makanan jg terjaga, banyak makan bayam, katuk, oyong.. pokoknya banyak sayur ijo deh.. trus yg paling penting ya mindset, kalo asi kita pasti banyak, puji Tuhan ampe skr mencukupi kebutuhan edel..

    kalo anusnya merah saya kurang tau tuh bu.. dikasi salep aja kali ya, tapi saya gak bisa saranin salep apaan, soalnya lupa hehehe..

    semoga membantu yaaaa

  10. 15 Mama alif
    August 14, 2008 at 1:23 am

    Anak saya alif,7 bulan,bab 3-5 kali sehari,ga rewel,asi,tmbh mpasi,gerak aktif,tpi beratnya turun 5 ons.gmana ya

  11. 16 edelwz
    August 14, 2008 at 7:24 am

    @mama alif

    bentuk babnya gimana ma? tapi kalo melihat behaviournya masih bagus (dlm artian gak rewel dan aktif) berarti gak ada masalah apa2 dengan buah hati mama :D
    masalah berat badan gak usah terlalu dipusingin deh ma, yg penting anak sehat, ya kan?

  12. August 24, 2008 at 3:18 pm

    mbak..anakku umur 5 bulan masih asi eksklusif.kemaren2 BAB nya 1 minggu sekali.tapi beberapa hari ini setelah habis minum asi, BAB encer,berlendir,dan hijau…apakah ini normal? kalo diare bagaimana cara mengatasinya..trimakasih..

  13. 18 edelwz
    August 25, 2008 at 7:46 am

    @nasori

    seperti telah dijelaskan pada artikel di atas, BAB dengan warna kehijauan bisa berarti asupan ASI yg kurang seimbang, lebih banyak memperoleh bagian awal (foremilk) dibanding bagian belakang (hindmilk).

    “kutip
    .. Kehijauan

    Umumnya disebabkan oleh makanan yang ibu konsumsi. Dapat juga disebabkan oleh asupan ASI yang tidak seimbang, yaitu bayi relatif hanya mendapatkan asupan ASI awal (foremilk) daripada ASI akhir (hindmilk). Terutama jika tinja bayi sering sekali berwarna hijau. Karena itu berikan ASI di satu payudara hingga bayi selesai menyusu ataupun payudara terasa kosong
    akhir kutip”

    frekuensi BABnya berapa kali dlm sehari? coba diobservasi saja, sembari tetap memperhatikan perilaku anak, apakah rewel atau biasa saja..

    • December 20, 2011 at 4:45 am

      mbak, apa klo banyak makan sayur bayam pengaruh juga akan warna hijau di BAB bayi
      tingkat rewel pada bayi itu gimana ya mbak, apakah nangis trus yg tak bisa diam
      anak saya sering nangis, tapi klo dikasih ASi dan digendong diam mbak, n BAB nya encer seperti anaknya Bpk Nasori, itu gimana ya mbak, maaf pertanyaanny klo g’ berbobot maklum saya masih awam masalah bayi, coz ne anak pertama saya

  14. 20 Juli Puji Lestari
    August 26, 2008 at 7:58 am

    Mba, saya mau tanya…
    saya mempunya baby umur 4 bulan dia sering susah buang air besar udah 2 minggu ini setiap buang air besar warnanya hijau pekat dan sedikit kuning, apa maksud dari warna BAB itu.
    bulan kemarin dia sembelit saat buang air besar kemudian saya bawa ke dokter lalu dokter memberi obat sembelit yang diteteskan ke mulut……tolong beri saya jawaban yang benar mengenai warna BAB bayi saya.
    saat ini baby saya beri susu formula morinaga BMT dan sore hari baru saya beri ASI karena saya bekerja.
    terima kasih

  15. 21 edelwz
    August 27, 2008 at 7:26 am

    @ Juli

    wah namanya mirip nih hehehe..

    pertama2 nih mbak.. mohon maaf tapi saya kurang begitu berpengalaman dengan pemberian sufor untuk bayi. namun dari beberapa sumber yang berhasil saya temukan, memang sufor itu memiliki kadar zat besi yg cukup tinggi, dan kemungkinan morinaga BMT itu termasuk yg memiliki kadar zat besi tinggi. ada teman yang pernah menanyakan ke dokter ttg hal yg sama, dan dokter tsb menjawab bahwa pup hijau bisa disebabkan dari kadar zat besi tinggi pada sufor. nah.. saya sih gak mau menyalahkan apa2 ya, cuma sekedar masukan saja buat mbak. tapi BABnya gak ada lendirnya kan? kalo hijau dan berlendir, itu berarti diare, bisa jadi terkena virus.. boleh jg untuk cek lab feses komplit. tapi kalo gak berlendir ya gak usah cek lab :D

    oia, babynya gak bisa BAB sampe brp hari kok sampe harus dikasi obat pencahar? nanti kalo udah 6bulan coba deh sering dikasih jus pepaya, bisa memperlancar pencernaan.. ato dikasih yoghurt boleh juga sih.. walaupun pemberian yoghurt utk bayi seharusnya di atas 1th ya.. tp kadang2 saya kasih juga utk bayi saya (8bln 17hr).

    trus juga mbak.. cuma sedikit wacana saja, kalo mbak berkenan, apa gak lebih baik babynya dikasih asi perah selama mbak bekerja?

  16. August 27, 2008 at 12:29 pm

    terimaksih atas jawabanya..btw bayi saya 3-4x sehari BABnya..biasanya terjadi pada siang hari sehabis menyusu,tetapi bayi saya masih aktif serta tidak rewel..gimana ya mbak??

  17. 23 edelwz
    August 28, 2008 at 1:38 am

    @nasori

    hallo lagi… sekarang BABnya masih encer, kehijauan dan berlendir gak ya? Cara pemberian ASI udah dikoreksi belum? :D

    menurut saya sih, selama bayi masih oke perilakunya dan frekuensi 3-4x sehari kok masih normal ya (sependek pengetahuan saya ya, berdasarkan info dr sana sini hehe).
    tapi kalo BABnya masih encer, kehijauan dan berlendir secara terus menerus (sekitar 1mingguan), mungkin ada baiknya juga untuk melakukan tes lab feses lengkap. Nah nanti, setelah hasil tes lab keluar, baru deh di konfirmasi dengan dokter.. kalo emang bener diare ya perawatannya cukup dengan memperbanyak asupan cairan (dalam hal ini ASI ya..)

    Semoga membantu yah.. dan jangan terlalu banyak kuatir, nanti pengaruh ke ASI :)

    Kalau masih bingung juga, coba klik link di site saya yg menuju ke web Sehat, di sana banyak petunjuk mengenai perawatan dan penyakit pada anak.

  18. 24 Handika
    September 9, 2008 at 4:51 am

    saya mau tanya,
    knp anak saya (umur) 5 bulan, BABnya kok cair(mencret)?
    dalam 1 hari BAB bisa 4 kali.
    Padahal tidak dikasih susu tambahan, hanya minum ASI.
    pola makan ibunya juga sudah dijaga.

    tolong dibantu bagaimana solusinya.

    • 25 humaira
      January 21, 2011 at 4:26 am

      kebetulan umur babynya sama dengan anak saya (5 bulan), konsistensi BAB memang sering cair tetapi tidak banyak bukan? karena senagian besar ASI terserap sempurna di usus bayi, sehingga tidak mengandung banyak serat yang dikeluarkan sehingga faeses menjadi encer. beda dengan susu formula, bayi belum bisa menyerap sempurna kandungan didalam susu tsb sehingga banyak sisa yang dibuang. bahkan malah sering susah BAB atau sembelit.

  19. 26 Chandra
    September 30, 2008 at 2:23 am

    Hi All mo tanya donk,
    Bayi saya umur 1 mingguan, tapi 2 – 3 hari ini jarang BAB, itu karena apa ya? Apa karena susu formula nya tidak cocok? Soalnya istri saya memberikan ASI dan kadang susu formula kepada buah hati kami.

    Tolong dibantu jawab ya, dan solusinya.

    Thanks and besr Regards,
    Chandra

  20. 27 humaira
    October 6, 2008 at 11:44 am

    saya mau tanya
    bayi saya berumur enam bulan.setiap kali makan selalu buang air besar.bayi sudah di beri makan nasi tim saring sejak umur lima bulan.dan buah2an sejak 2 minggu yang lalu.. BAB nya selalu berwarna hijau..kenapa ya? apa karna nasi tim saring (bayam wortel dan brokoli) yg menyebabkan warnanya menjadi hijau? dan mengapa setiap kali diberi makan selalu buang air besar… dan berat badannya 6 kg..apa normal untuk bayi umur 6 bulan dengan berat badan 6 kg/
    tolong di bantu jawab ya dan mohon bantuan solusinya.

  21. 28 Chandra
    October 10, 2008 at 12:46 pm

    Dear All,

    Mau tanya donk, sekarang ini BAB nya baby gua sudah lancar setiap hari 2 – 3x. Tapi BAB nya kuning dan encer, tuh karena apa ya? Ada masalah ga ya? Saat ini Baby saya mengkomsumsi ASI dan susu formula BMT Platinum. Apakah susu nya tidak cocok sehingga menyebabkan BAB nya begitu?

    Please tolong bantu di jawab ya dan bagaimana solusi untuk mengatasi nya. Kalo bisa tolong di reply ke email secepatnya juga ya.

    Regards
    Chandra

  22. 29 Alani
    October 17, 2008 at 7:10 am

    bayi kami berumur 3 bulan, susah BAB. pernah sampai 9 hari tidak BAB, kita ke bidan untuk di kasih obat pencahar. sekarng lg sudah 5 hari tdk BAB, apakah dikasih obat pencahar lagi?
    anak kami diberi asi dan susu formula.
    mohon dijawab ya,

    terimakasih

    Lingga

  23. 30 Christine
    October 25, 2008 at 8:01 am

    Hallo,
    saya mau tanya mbak,anak saya 3 bln 6hr asi ekslusif,biasa BAB lancar 1 hari bisa 3-4kali,normal.tapi sudah 2hari ini tidak BAB,dan saya perhatikan anak saya agak ngeden dan nangis2,tp masih aktif juga maen2 dan tertawa tawa.saya tanya ke dokter,disarankan u/ coba memberi Lacto-B,apa anak 3 bln asi eklusif sudah boleh makan jus pepaya yg disaring?
    trims atas masukannya,

  24. 31 mezza
    December 16, 2008 at 4:01 am

    mba,
    saya ibu yang sedang bingung.
    anak saya 6bulan 12 hari. BB 8 kg. minum ASI ekslusif semenjak bayi, sejak bayi memang BABnya tidak pernah lancar 5-7 hari. tapi kata DSA tidak apa2 karena akan jadi daging. sejak 6 bulan saya sudah kasih MPASI berupa tepung beras, oatmail, tepung kacang ijo, kentang dan pepaya yang dibuat cair dicampur dengan ASI. serta banyak minum air putih. tapi mengapa sudah 11 hari belum BAB. jujur saya sangat khawatir, ketika dibawa ke DSA diberikan microlax tapi setelah ditunggu 2 jam, BABnya tidak keluar juga. diperutnya tidak keras tapi tetap lembek/normal seperti yang lancar BABnya. anak saya juga tidak rewel, dan aktif untuk buang gas pun tidak ada masalah. Pertanyaan saya NORMALKAH seperti ini, lalu ampas makanannya dibuang kemana, apa yang harus saya lakukan agar anak saya BAB, ke dokter mana saya harus konsultasi agar anak saya bisa BAB teratur. apakah ada kasus seperti anak saya….terimakasih

    • 32 Mama Vey
      August 31, 2009 at 5:33 am

      Mba, saya baca tulisan mezza tentang anak yg babnya tidak lancar. Anak saya juga mengalami kasus yg sama. Sudah ada solusi nya belum mba. Kalau sudah tolong beri tahu saya juga. Karna saya juga bingung sekali soal baba anak saya yg tidak teratur. thanks

  25. 33 yulis
    December 23, 2008 at 1:58 pm

    bayi saya hampir berumur 3 bulan,..saya memberikan asi eksklusif, biasanya sering bab, tetapi sudah 3 hari ini dia tidak bab,..saya jadi khawatir neh, apa yg hrs saya lakukan ??

  26. 34 kiky
    January 5, 2009 at 4:44 am

    mbak, bayi saya berumur 3,5 bulan. sejak 3 minggu yl dia susah bab. waktu masuk hari ke 7 dia belum bab juga, dokter menganjurkan agar di beri obat pencahar karena khawatir fesesnya menjadi keras. menurut dokter hal ini disebabkan karena reflek pencernaannya masih belum jalan.pada saat bab, bayi saya mengejan sambil menangis (kasian sekali mbak). tapi fesesnya ternyata lembek. minggu berikutnya saya beri obat pencahar lagi di hari ke8. reaksinya juga sama. nah minggu ini sudah hari ke7 ia belum bab jg. apakah bayi saya harus diberi obat pencahar lagi atau sebaiknya saya tunggu saja sampai dia bab sendiri? sehari2 bayi saya tidak rewel malah lagi hobi mengoceh. btw, saya beri dia asi ekslusif. apakah itu artinya tubuhnya menyerap asi dengan sangat baik??apa yg harus saya lakukan mbak?

  27. January 13, 2009 at 10:42 pm

    Subhanallah ya jadi Ibu, semua-semua tentang baby kita jadi pikiran. Puteri saya Zakhra sekarang 7 bulan 11 hari. Alhamdulillah 6 bulan ASI eksklusif, sekarang sudah MP-ASI. Alhamdulillah BAB hampir rutin setiap hari satu kali. Pernah juga 2 hari sekali,dua kali sehari.Selama-lamanya yang pernah dialamin dia 3 hari ga BAB, ga pernah sampai seminggu. Memang sih setelah MP ASI tekstur BABnya lebih padat dibanding sebelum ASI.InsyaALLAH setiap hari saya kasih buah. Gak ada masalah kan ya dengan tekstur BABnya? Zakhra juga biasa aja kalau BAB.

  28. January 13, 2009 at 10:48 pm

    Oya, waktu masih ASI, kalau Zakhra sampai 2 hari ga BAB biasanya sayanya yang langsung minum jus pepaya segunung (hiperbolis :-)) atau makan buah n sayur yang banyak, alhamdulillah biasanya beberapa jam kemudian dia pasti BAB. Kalau ibu yang masih menyusui barangkali cara seperti yang saya lakukan bisa dicoba. Kalau pake sufor saya kurang faham,cocok2an sufornya kali ya. Beberapa waktu lalu teman saya pake susu sambungan untuk babynya karena bekerja, pas ganti merk ternyata ga cocok. Bayinya kena diare n demam sampe kejang.

  29. 37 Yudo
    January 24, 2009 at 11:26 am

    Terima kasih atas artikelnya.. sungguh inspiring.. membuat orang tua bayinya menjadi lebih tenang.. sehingga tidak perlu panik sampai melakukan hal2 yang tidak perlu untuk si bayi.. karena ini semua adalah proses tumbuh kembang bayi ASI yang normal.

  30. 38 stella
    February 4, 2009 at 7:54 am

    anakku prematur dengan erat badan 2kg sekarang pupnya keras susu yang di inum enfalac untuk bayi prematur, apa karena susu atau apa ya tlg saran nya susu apa yang bagus untuk bayi prematur dan jgn yang terlalu mahal ya thanks

  31. 39 Evi
    March 8, 2009 at 10:54 am

    Wah, makasih mbak Luluk, artikelnya membuat saya lebih tenang. Soalnya saat ini anak saya (2 bln) sudah 7 hari ini belum BAB. Anak saya AsiX dan tingkah lakunya biasa saja, tidak rewel…Thanks

  32. 40 karnesia
    March 9, 2009 at 3:08 am

    aq jg mw ikutan nanya dunk….
    baby aku umur 6 1/2bln. fesesnya blakangan jd keras sampe susah dikeluarkan. produk makanan yg dimakan memang kadang2 bikin fesesnya keras, tapi tidak sekeras kemarin ini. atau krn pemberian makanan lain selain bubur, spt kue biskuit dll. akhirnya saya coba bubur bayi yg sblmnya saya pakai tp malah membuat fesesnya lembek. saya mulai bei pisang, pepaya kdng2 ari jeruk.apa msh dlm tahap wajar? thx.

  33. 41 edelwz
    March 16, 2009 at 9:23 am

    Pertama saya mau minta maaf untuk semua yg sudah berkomentar ataupun bertanya di sini, karena lama sekali saya gak pernah update blog saya ini. Jadi mohon maaf, belum bisa menjawab semua pertanyaan.. tapi terus terang saya jadi bingung nih.. karena begitu lamanya waktu pertanyaannya, masih perlu dijawab gak ya? hehehe.. silakan yang mau bertanya ulang :D

    @ karnesia :
    apakah makanan yang anda buat adalah makanan homemade (buatan sendiri) atau beli makanan instan? pada waktu Edel awal2 MPASI (6bulan) saya kasih bubur instan NE*T*E yang dicairkan dengan ASI, tapi itu hanya berlangsung sekitar 2hari saja. Selebihnya, setelah saya ikutan milis Sehat, MPASIRumahan, saya jadi punya pencerahan dalam pembuatan makanan untuk bayi saya dan saya beralih ke makanan bikin sendiri. Apalagi masih 6bulan gitu kan kita gak perlu kreatif2 amat, itu2 aja yang dimasak juga baby masih doyan2 aja (hehehe). Buah2an tidak pernah alpa saya berikan, setiap hari pasti ada pepaya di menu makanan Edelweiss.. jadi yah.. kok kayaknya gak pernah bermasalah dengan BABnya ya..
    Intinya, coba deh diobservasi, kalo bayiku makan ini BABnya gimana ya, kalo makan itu, BABnya gimana ya dan seterusnya dan seterusnya.

    Semoga membantu :)

  34. 42 sondang
    March 19, 2009 at 12:24 pm

    anak saya berusia 5 bln, saat ini BAB nya cair dan berbusa. apa penyebabnya

  35. 44 edelwz
    March 20, 2009 at 1:46 am

    @sondang
    hai.. wah.. gak dijelasin nih ya.. babynya masih ASIX ato enggak?

    mengenai BAB cair dan berbusa.. bisa juga karena virus, itu kalo dia diare lho ya, maksudnya dalam sehari dia bisa BAB berkali2 (lebih dari 5x) dan kondisi BABnya sama. Ciri2nya : Berak-berak air (watery), berbusa, TIDAK ada darah lendir, berbau asam –> nah itu karena VIRUS, namanya ROTAVIRUS. Untuk penanganan diare, nanti saya post di artikel ya.. kayaknya saya belum sempat post tentang penanganan diare ya? hehehe…

    tapi kalo enggak diare, sependek pengetahuan saya, biasanya laktosa yg membuat BAB jadi berbusa, tapi gak papa kok, seiring waktu akan menghilang sendiri setelah enzim laktase semakin meningkat.

    Semoga membantu ya :)

  36. 45 Risa
    June 22, 2009 at 6:19 am

    Anak sy umur 1 bulan,berat 5 kg,asi ekslusif.. Dia menyusunya banyak,dan sering.. Masalahnya Beraknya jg sering (lebih dari 6x shari),tp sedikit sedikit (ada jeda waktu ktika dia mngeluarkan fesesnya,sperti tdk tuntas ato dicicil gt).. Karakteristik bab-nya sdikit berair,tp ada bab pdatnya dan kadang2 jg berbusa.. Normalkah itu?Karena dia biasa ngeden,kadang2 jika mau bab dia ngeden sampai menangis,pdhl bab-nya encer.. Mhn sarannya..

  37. 46 yana
    August 4, 2009 at 4:17 am

    Mbak..bayi sy berusia 3 bulan 3 minggu.dl bayi sy bab 3 hari sekali.fesesny berwarna kuning cerah dan brbentuk seperti adonan kue.dan sy yakin kndisi seperti itu normal.tp 1 minggu belakangan ini bayi sy bab 1-2 kali sehari.namun lbh sering hanya 1 kali pd pagi hari.fesesny berair dan kadang berbusa tp tetap ada seperti biji.warnany kuning cerah.apakah bayi saya diare?atau ada masalah lain?atau ada hubunganny dengan penggunaan kipas angin?karena sy baru pndah rumah dan situasiny sgt panas.sy tnggu jwabanny scepatny krn sy sgt hawatir.tlng jawabanny via email.

  38. 47 Yulia wulandari
    September 7, 2009 at 11:11 pm

    Mau tanya.
    Saya ibu hamil 3 bulan plus menyusui bayi 8 bulan..dan tidak mau disapih..skrng bayi saya mengalami diare,benarkah ASI ibu hamil menyebabkan diare.kenapa?

  39. 48 upik
    September 19, 2009 at 9:53 am

    bayi saya usianya 11 hari, dihari ke 10 kenapa ya kok BAB nya tidak keluar, dan hingga hari ke 2 bayi saya belum juga BAB, saat ini bayi saya mengkonsumsi asi dan juga ditambah dengan susu formula, yang saya tanyakan normalkan BAB bayi saya ?

  40. 49 lia
    November 2, 2009 at 3:38 am

    bayi saya usia 4 bulan tapi udah 2 minggu ini babnya jadi ga rutin kadand 3hari sekali 4 hari sekali dan skrg udah 7 hari blm jg bab kenapa ya? apa itu normal. makannya masih asi aja

  41. November 19, 2009 at 6:39 am

    bayi saya usia 3 mnggu dan sering BAB dan hampir sama setiap selesai menyusu. Sehari kurang lebih 6 kali, saya jg khawatir bayi saya kena diare tp penambahan berat badan bayi saya cukup baik, di saat usia 3 mggu sudah naik 11 ons, setelah baca posting mba saya sdh tdk khawatir lg krn mungkin memang wajar karena bayi saya beri asi ekslusif. trimakasih mb….

  42. 51 delima
    November 21, 2009 at 3:55 am

    mba saya mau tanya : sudah 3 hari anak saya tidak BAB, perilaku biasa aja, g nangis dan g rewel.apakah yang saya lakukan biar kekuatiran saya hilang? masih minum ASI + susu formula.
    Terimakasih

  43. 52 noerida
    November 26, 2009 at 8:18 am

    bayi sy sejak umur 2 bulan susah BAB kadang seminggu sekali dan kalo pun keluar fecesnya keras, sudah diberi obat dari dokter (Laxoberon) tetep aja keras, sudah mencoba ganti2 susu dan di encerin pun tetep aja BAB nya susah dan keras dan sekarang sudah umur 5,5 bulan dikasih jus buah (pepaya, jeruk) masih seperti itu terus..bagaimana solusinya ya? sebentar lagi kan dia udah mau 6 bulan, sdh seharusnya diberi makanan tambahan, tp takut jd semakin susah BAB…tolong ya..

  44. January 27, 2010 at 10:20 am

    Saya lagi browsing artikel ttg feses baby, coz kebetulan baby saya usia 2,5 bln, hampir dua minggu ini fesesnya encer, sehari cuma satu kali dan warnanya kuning kecoklatan.Padahal biasanya fesesnya berwarna kuning cerah dan berbiji (seed) gitu (ASI ekslusif). Tapi stlh baca artikel ini lumayan tenang deh, karena masih normal. thanks ya..artikelnya sangat bermanfaat.

  45. 56 Esti
    February 3, 2010 at 2:07 am

    Alhamdulillah jadi ga cemas deh liat pup si dede setelah baca artikel ini. My baby usia 5 minggu tapi fesesnya koq encer terus persis kayak yang diartikel sempat agak cemas juga pas liat feses ponakan yg usia 2 minggu fesesnya kayak orang dewasa (sufor & ASI). Makasih mom atas artikel yang bermanfaat ini.

  46. 58 Ria
    February 19, 2010 at 3:01 pm

    Bayiku berusia 1 bln.Kadang2 pada pupnya sk ada merah2 lendir kdg2 hijau berlendir, tp lebih sering kuning cerah.Bayi saya ASIX.Awal2 BABnya normal cm akhir2 ini sk ada merah atau hijau berlendir.Apa mungkin ada pengaruh dr makanan ibunya, kbtln saya suka minum jus tomat campur pepaya dan sk mkn seafood?Anaknya sih ngk rewel dan te2p minum ASI dg lahapnya.Mohon sarannya.

  47. 59 lina
    February 24, 2010 at 2:06 pm

    Bu..anak saya 2 bln kenapa bab nya bisa 7 -9 kali sehari ya..saya pake asi 40 persen sisanya susu formula..wajarkah bab nya sering begitu? Kalo warna sih kuninh n bentuk agak lumpur ..jadi tidak keras dan tidak berair.. Mohon bantuan dr jawaban ibu2..makasih..

  48. 60 devi Susanti
    March 1, 2010 at 4:40 am

    bu, baby saya 3 bulan 2 minggu, dikarnakan alasan yg tidak bisa saya sebutkan, baby saya ini hanya mengkonsumsi susu formula, bab-nya beberapa hari terakhir ini agak keras dan berwana hitam dengan bau yang agak kuat. apakah hal ini normal atau tidak bu?
    mohon bantuannya ya bu…terima kasih

    • 61 edelwz
      March 22, 2010 at 7:21 am

      Hai mbak Devi,

      maaf ya kalo jawabnya lama, jarang ngecek nih belakangan hehehehe..
      hm.. sependek yang saya tau, itu karena sufornya ya yang mengandung apaaaa gitu, saya lupa :D
      mendingan mbak langsung ke DSA aja, kalo deket dengan markas Sehat ayo maen2 ke markas, soalnya di sana DSAnya baek2 dan RUM&RUD semua ;)

      *RUM = rational use in medication
      *RUD = rational use of drugs

  49. 62 Bunda kaniya
    March 9, 2010 at 3:23 am

    Lg cri2 ttg BAB bayi,eh nemu disini,menenangkan hati nih.kaniya,2m 2w asi ekslusif,Alhamdulillah bab-nya normal.td browsing coz dah 2d gk BAB.tnyta normal ya.kl BAB ngedennya juga biasa aja,mlh sering smbil senyum2,gk pnh sambil nangis,tengkyu ya mba

  50. 63 mamanyakasih
    March 16, 2010 at 1:35 am

    babyku 7minggu,msh asix..slama ini dia bab rutin 3-5x/hari,tp ud 4hari belakangn dia gak bab,dia sering tiba2 menangis bahkan teriak ketika mau kentut,spt tdk nyaman n sakit saat mau kentut,perutnya jg sering berbunyi,tp dia msh bersemangat menyusu,wlw saat mau kentut tkadang dia tiba2 menangis..ap kondisi ini normal?jika tdk normal,bagaimana mengatasinya?tlg infonya yah ASAP,dijawab ke email lgsg jg blh ;) thx

    • 64 edelwz
      March 22, 2010 at 7:19 am

      Hai MamanyaKasih :)

      mungkin perutnya lagi gak enak aja kali ya?
      udah pernah browsing tentang Pijat pada bayi? banyak kok, di youtube juga ada step2nya.
      kadang anak saya juga gitu, malah kadang suka sembelit (setelah mpasi ya) jadi sekarang saya rajinin untuk pijat bayi sendiri, terutama pada daerah perut dan angkat2 kedua kakinya, ditekuk ke arah perut (semoga mengerti maksud saya ya).

      Oia.. diperhatikan juga ya asupan makanan sang ibu, jgn dulu makan yg aneh2 heheheheehe :D

  51. 65 agus budi
    March 21, 2010 at 7:23 am

    Saya stres bener mbak..anak saya ini adl anak pertama jd kami blm byk pengalaman..anak saya umur 2 minggu tp BAB nya sehari semalam bisa sampai hampir 30 x..kadang buang angin (kentut) saja keluar kotoran…kami hrs gimana mbak ??

    • 66 edelwz
      March 22, 2010 at 7:16 am

      bapak Agus,

      dulu anak pertama saya juga gitu tuh, suka crat crit crot cret tiap kali dia pipis :D
      tapi seinget saya sih ya gak sampe 30x sehari semalem :)
      gini aja pak, bapak liat aja dulu behaviour dari anak bapak, oia, apakah anak bapak ini full ASI?
      sebab jika memang full ASI bisa diperhatikan juga asupan makanan dari sang ibu, dulu sih saya mengurangi makan toge karena katanya ber-gas jadi pengaruh ke baby, entah bener entah enggak hehehe :D

      cuma 1 saran saya, jika dari behaviour anak bapak sudah menunjukkan tanda2 kerewelan/dehidrasi (bisa dilihat dgn tanda ubun2 cekung, menangis tidak mengeluarkan air mata, lemes mintanya tidur terus) maka bapak harus langsung bawa anak bapak ke RS terdekat. Tapi jika behaviour anak bapak biasa saja, ya terus genjot aja mimik ASInya ;)

  52. 68 fariz
    April 2, 2010 at 9:28 am

    salam,
    saya ingin bertanya melalui blog ini,
    anak saya( umur 6 bulan ) sudah 5 hari ini bab nya berwarna hijau dan ada lendir dan darah, terus terang saya khawatir karena ini anak pertama dan jadinya pengalaman pertama. sudah konsultasi ke DSA dan di beri antibiotik dan obat diare, tetapi tidak ada perubahan.
    kondisi anak saya tidak demam, tidak lemas, tetapi sering rewel dan ingin di gendong terus, suka berguling tengkurap, senang menggunakan kepala sebagai tumpuan sehinggga badan melengkung ke arah dada..apakah perilakunya ini berhubungan dengan BABnya?
    sering bersin, kentut,
    mohon informasinya
    terima kasih sebelumnya

  53. 69 febriani
    April 8, 2010 at 1:17 am

    terima kasih dech atas saran n penjelasannya… aku jadi tenang dech…

  54. 70 Lia
    April 20, 2010 at 2:19 pm

    Salam,
    saya mau tanya usia anak saya 1bln 1mgg,warna pub ny kuning berbiji atau warna hijau,dan tidak keras.Yg ingin saya tanyakan mengapa tiap kali BAB sll mengejan dan menangis seperti kesakitan,pdhl pub ny ga keras,slm ini saya hanya memberikan asi exlusive.Hal ini terjadi stlh -/+ 2mgg stlh lahiran,sblmnya BABny n0rml..0h y,buah zakar ank saya gd sblh,apa ada hubunganny?tlg jwbnny y,saya tgg diemail saya,mksh.

  55. April 22, 2010 at 2:42 pm

    Bayi saya berumur 4 bulan, biasanya bab 2 hari sekali kadang sehari 1 kali. konsistensinya kuning seperti selai, namun sudah 6 hari ini tidak bab, apakah ini normal? perubahan psikis apa yg terjadi? selama ini masih pake asi eksklusif.

    terimakasih atas jawabannya.

  56. 72 riadina
    April 25, 2010 at 7:56 am

    mbk.anak saya umur 1bln kurang5hari.mau tanya knp stp minum asi dia selalu grok grok perutnya selalu bunyi dan bab nya susah keluar ketahan wkt dia mengeden psti tahi ny keluar sedikit.minta cara pijat bayi dan gm cara hilangkan kagetan nya tlng kirim ke email saya.tks.ditunggu jwbn

  57. 73 nana
    May 19, 2010 at 3:30 am

    bayi sya umurnya 3 bulan, sejak lahir minum susu formula. kurang lebih 3 hr ini dia kesulitan BAB..klo mau BAB pasti menangis, sya bingung hrs bagaimana dan tidak tega melihatnya. bagaimana ya caranya agar BAB nya tidak menjadi keras seperti skrg ini?
    Terima kasih atas jawabannya..

    • September 6, 2012 at 3:43 am

      salam kenal, saya jg sama anak saya sejak lahir pake susu formula tapi dalam 2 bln pertama pake ASI, skarang umur bayi saya udah mw 4 bln, tapi udah kurang lbh 2 minggu BAB nya agk berlendir dan kayak agar2 gtu, warnanya kuning kehijauan,sbnernya itu normal gk y? kadang2 shari sampai 5-6x BAB, saya sebagai ibu baru jd khawatr krna blm punya pngalaman, tlng penjelasannya y. mkash

  58. 75 Echa
    May 25, 2010 at 5:02 pm

    Mba, makasih banget artikelnya sungguh berguna buat saya yg memiliki anak pertama. Sekalian mau tanya apakah normal bila bayi saya sering menangis saat akan kentut, BAB bahkan walau hanya pipis saja.menangisnya bisa sangat kencang seperti sangat kesakitan.
    Terimakasih sebelumnya.

  59. 76 dewi
    June 13, 2010 at 4:40 am

    hallo..mba,anak saya 8,5 bln tapi bab masih encer dan sering (5-6kali sehari). Tiap kali selesai makan ato minum susu terlalu banyak (kenyang)pasti langsung bab dan warna babnya sama persis seperti yang baru dia makan, normal gak ya mbak? q dah tanya sana-sini jawabanya macem2 tambah bikin pusing.q jg sering gonta ganti susu formula karena q pikir g cocok susu tapi tetep aja babnya encer. oia, dy masih asi tapi kalo malem aja soalnya q tinggal kerja,dia jg sangat aktif dan tdk pernah rewel ato lemas.apa perlu di beri obat pencernaan seperti lacidofil/l-bio/lakto-b mengingat di umurnya yg sekian berat badanya masih 6kg dan panjang 70cm

  60. 77 Bundanya junior
    July 9, 2010 at 1:32 pm

    Baby sy brumur 3bln 1minggu, asi eksklusif.. udah 15hr ini ga BAB, tp ga rewel.. Sy rncna mo bwa ke DSA, tp stlh m’bca artikel ini sy jd agak tenang.. 15hr ga BAB untk bayi asi eksklusif bnran normal kan? Thanks..

  61. 78 lina
    July 11, 2010 at 6:32 am

    anak saya umur 1 bulan, sering mulet mulet dan ngeden..katanya sih gara2 sering dicium pipinya sebelum umur 40 hari :)
    dan setiap ngeden keluar cairan kuning dari anusnya, kaya cairan BAB kalau diare tapi kalau lagi beneran BAB normal ada ampasnya,itu knapanya?apa normal

  62. 79 Emma Sri Herliana
    July 17, 2010 at 3:31 am

    anak saya umur 3 bulan, udah 6 hari ini BAB nya encer campur darah udah dibawa ke dokter dan bidan katanya gak apa2 tp msh blm ada perubahan, apakah ada yg luka di usus anak saya. BAB nya sampe 5 kali sehari tlg bantuaannya. makasih

  63. 80 mommy lovely
    July 22, 2010 at 4:13 am

    hai mbak:) lam kenal yaaaaaaaaaaa
    mao tny donk….baby sy umur 4,5bln. beraknya kadang 2-3kali sehari. apa itu normal,mbak? oia………..dia pake susu formula full sejak 2bln terakhir ne coz asix sy ngak bnyk lg. klo dlu msh campur soale asix sy berangsur angsur ngak bnyk lg. tdk seperti wktu melahirkan..

    thx..semoga djawab

  64. 81 lucy frency
    July 23, 2010 at 4:23 am

    hai mba aku minta tolong dong…

    anak ku umur 4 bulan 20 hari ( full asi ) udah 2 minggu ini BABnya warna ijo dan berlendih ada remah remah ijo sih mengandung air juga, soalnya sebelumnya dia BAB 7-10 hari dengan BAB warna kuning ( sorry seperti selai kacang ) nah ampe hari ini saya masih bingung apa itu gpp? soalnya anaknya ga rewel … apa yah yang musti saya lakukan ???? thx di tunggu yah jawabannya…

  65. 82 zira
    August 7, 2010 at 2:23 pm

    Hai mba’, mo nanya ini babyku baru 2 bln gak ASI cm susu formula. 3 hari ini BABnya yang biasanya sehari sekali jadi 2-3 kali, yg sekalinya bisa BAB normal yg ke 2-3nya agak encer. Kira2 bermasalah gak yah? Thx b4.

  66. 83 Tika
    August 13, 2010 at 10:20 am

    mbak anak aq berumur 1 bulan 3 hari, 1 mingguan ini kalo mau bab dan pipis mengejan & nangisnya lebih dari biasanya, trus kadang-kadang perutnya bunyi gt…kalo fesenya sih kayaknya normal berwarna kuning, seperti biji n pipisnya juga banyak,,,oh ya minumnya asi n susu formula 1 hari 1x,nangisya itu normal g ya,trus apa yang mesti kulakukan
    Q tunggu jawabannya,makasih banget…….

  67. 84 vian
    August 23, 2010 at 6:03 pm

    mba aku punya baby 9 bulan.. baby ku punya masalah sama BAB nya ,feses nya selalu keras.. dia selalu mengejan kalo BAB,,sampe akhirnya dia punya wasir/ambeien (ada tonjolan kecil di sekitar duburnya).. hal ini mulai saat dia umur 5 bulan (mulai jarang BAB dan selalu keras ) ..kalo BAB selalu berdarah.. dari dokter gpp di kasih mikrolax,tapi kenapa kalo BAB harus di tusuk mikrolax dulu.. sedih rasanya kalo liat dia mau BAB.. apa yang salah ya mba?padahal dia ASI ekslusif,pepaya setiap hari,dan makanananya banyak sayuran (brokoli,bayam,wortel,nasi) coba solusi mba.. kira” baby saya kenapa.. apa harus di teliti lebih lanjut?

  68. 85 Abu Taqiy
    September 6, 2010 at 2:27 pm

    Anakku Taqiy. ASI eksklusif. sudah 3 hari ga BAB. Rewel banget kalau nga lagi tidur atau nyusu… Puncaknya tadi nga mau berhenti nangis (nga tega, aku juga dah hampir nangis) akhirnya aku rangsang anusnya dengan sabun dan diapun BAB. encer and lumayan banyak…sekarang sudah tenang sudah hampir 2 jam tidur nga reel sperti biasa…
    Mudah2an nga lagi deh..amin..
    Salam.

  69. 86 riska
    September 21, 2010 at 6:18 am

    mba sy mau tanya…anak sy berusia 3 bln jalan 4 bln, BAB nya tdk lancar awal nya mencret tp setelah smbh BABnya jd keras, hampir 3 hari tdk BAB tp selama tdk BAB anak nya lincah2 sj…setelah 3 hr tdk BAB sy selalu memberikan perangsang atau pencahar yg diberikan melalui dubur, apakah anak sy normal2 sj BAB nya dan berbahayakah bila 3 hari tdk BAB selalu diberi pencahar melalui dubur?
    oiya semenjak lahir anak sy di berika susu formulan dan ASI krn lahir secara SC…

  70. 87 rey
    September 30, 2010 at 3:10 am

    mba saya mau tanyak baby sy 4bln 2hari dan minum susu formula enfamil a+.akhir2 ini bab nya berwarna kuning khijauan tttp kdg mau juga brwrn putih agak pucat gitu
    apakah itu brarti brmasalah dngan pencernaanny.mohon bantuannya soalny anak prtma jdi masih binggung.thanks

  71. 88 Meylisa
    October 1, 2010 at 4:59 am

    Mba,mau tanya baby saya 4 bln 1 hari sudah 1 minggu ini BAB nya sering banget sehari bisa 3-5 kali, tinja nya tidak cair tapi kental dan lengket apakah itu diare? saya sudah ke dokter diberi obat probiotik n antibiotik tapi tdk kunjung baik, saat ini baby saya sudah tidak ASI sejak 3,5bln. Tolong bantuan nya.. Thanks

  72. 89 vanda
    October 16, 2010 at 4:59 am

    siang mbak.
    bayi saya isianya 40 hari. dah lima hari ini blm BAB. normal g mbak? sampai skrg msh asi ekslusif. trimakasih.

  73. 90 oline
    October 18, 2010 at 4:44 am

    bayi saya umur 10 bulan 27 hari sudah beberapa hari ini pupnya berwarna hijau dan berampas, normal g mba? ank ku seh selalu aktif, makannya juga bagus, sufornya saya beri chilmil platinum..tolong dong solusinya..thnks

  74. 91 bchree
    November 2, 2010 at 10:07 am

    trims postingnya. sy copas yach

  75. 92 linda
    December 14, 2010 at 10:12 am

    makasih banget infonya….menenangkan..tq ya mba…
    ibuRasyadIrsyad

  76. 93 bunda ahza
    January 17, 2011 at 9:54 am

    salam kenal mbak, babyku 23 hari pake asiX. bab n bak alhamdulillah lancar, tp knapa ya kok sering mulet n ngeden2 gitu sampe merah wajahya. trus waktu minumasi sering terdengar suara krucuk2 di perutnya.. mohon sharingnya n trimakasih :)

  77. 94 Jeny
    January 26, 2011 at 8:53 am

    Babyku baru berumur 19 Hari. Udah seminggu Pupnya sering bgt. Smpe hari kedua sering BAB, saya bawa ke dkter, krna udah malem, jd saya bawa ke dkter umum yg deket rumah. Tp ga ada perubahan. Smpai 2 hari saya bawa lg ke DSA. Alhamdulillah BAB sdh tdk sesering kemaren2, tp kok fesesnya Berlendir, dan stiap BAB, berbusa. Kadang banyak, kadang dikit. Krna yg busanya itu seperti Air. Tolong Solusinya, saya sdh bingung, apa ini Normal or Ga. Tp anaknya biasa2 aja. Aktif bgt. Tp klo mau mnm ASI, dia ga bs tahan, psti nangis trs smpe dpt ASI (FYI: babyKu ASI ekslusif. Tolong Reply ke jen2fauzi@yahoo.com (YM or email). Thank’s before…

  78. 95 MamaBilal
    February 12, 2011 at 11:56 pm

    Mba, sy mau tanya, anak sy umur 7bulan, frekuensi pupnya >5 kali sehari, warnanya kuning dan berlendir, normal atau termasuk diare?oy dtambah sering rewel, banyak berkeringt,,tolong masukanny y mba, mksh

  79. 96 anggitatiara
    February 15, 2011 at 11:53 am

    adx ku umurnya 5 bulan udh 4hari tidak bab apa tips nya agar adx ku mudah bab

  80. 97 fitri ekasarikurniyawati
    March 18, 2011 at 1:59 pm

    mba,mybaby baru 3bln,BAB nya sehari 6x.
    warnanya kuning cair,tapi kok ada spt lendirnya sdkt&berbiji.kdg juga berwarna kuning campur hijau,spt berserat.apa kondisi demikian ini normal? mybaby asi eksklusif.kdg perutnya bunyi jika ditepuk.beratnya naik 1kg perbln nya sjak lhr.ap ini menunjukkan mybaby diare?ap yg hrs saya lakukan?

  81. 98 yudi
    April 4, 2011 at 1:52 am

    mba saya mau tanya
    usia anak saya 25 hari , mengalami kesulitan bab, anak saya nangis setiap mau “ngedan” sempat dia hanya bab di hari ke 3 dengan meningis

    saat ini asupan yang bayi saya peroleh di kombinasi antara susu formula ( takaran sudah di encerkan ) dan ASI

    mohon info nya apa yang harus kami lakukan mba ? terima kasih

  82. 99 mama rafa
    April 12, 2011 at 12:56 am

    m tanya nih…….baby saya umur 4 bulan….tp dh 2 minggu ini blm BAB…berbahayakah?????

  83. 100 mama rafa
    April 12, 2011 at 12:58 am

    dmn baby saya jg ASI eksklusif….tlg penjlesannya…tq

  84. 101 alsunan
    May 16, 2011 at 12:03 pm

    mb mohon penjelasan dan nasehatnya
    anak saya sdh 7 hr gak BAB..
    tapi anak gak rewel…
    unt info bayi saya usia 3 bln makanan ASI eklusif…
    apa yang hrs saya lakukan mb…

  85. 102 Abdul
    May 19, 2011 at 5:00 am

    Dear Mom,
    Bayi saya berumur 6 minggu,pup-nya sering sekali.
    Bisa 1 malam 10x pup.Tp,menurut artikel di atas itu wajar karena minum ASI Ekslusif.
    Saya sedikit tenang,tapi yg jadi masalah,pantat bayi jd merah dan sering menangis waktu pup dan pipis.
    dan sering ngejan kl perutnya terasa kembung,dan sk menangis.
    Apakah ini yg dinamakan kolik?normalkah pup brlendir itu lebih dr 10x semalam?salep apa yg menurut Mom cocok untuk pantat bayi yg merah seperti kebanyakan kena air itu?
    Terima kasih Mom,

  86. 103 maya dewi
    July 15, 2011 at 10:29 am

    terimakasih….terimakasih….terimakasih…. tadinya kami mau berangkat ke dokter karena baby kami yg berumur 3 bulan udah 3 hari nggak BAB. sekali lagi terimakasih….

  87. 104 Papanya Naya
    July 21, 2011 at 7:42 am

    Mau tanya donk..
    Mba, anak q baru selesai asi eksklusif (6 bulan), dan sekarang baru dimulai program MPASI-nya, kata dr anak q, harus mulai dengan buah2an, lalu aku kasih pepaya dulu untuk 3 hari pertama, tapi dari mulai pemberian mpasi pertama s/d sekarang (dah 5 hari) anakku belum pup juga (hari ke-4 dan ke-5 dikasih alpukat), anak q sih udah ngeden2 tapi ngga keluar2 juga tapi hanya kecipirit2 saja mba.. tolong pencerahannya yah mba… makasih dan salam kenal..

  88. 105 elly
    August 5, 2011 at 3:56 pm

    salam,
    saya ingin bertanya melalui blog ini,
    anak saya( umur 6 bulan ) sudah 5 hari ini bab nya berwarna hijau dan ada lendir dan darah, terus terang saya khawatir karena ini anak pertama dan jadinya pengalaman pertama. sudah konsultasi ke DSA dan di beri antibiotik dan obat diare, tetapi tidak ada perubahan.
    kondisi anak saya tidak demam, tidak lemas, tetapi sering rewel dan ingin di gendong terus, suka berguling tengkurap, senang menggunakan kepala sebagai tumpuan sehinggga badan melengkung ke arah dada..apakah perilakunya ini berhubungan dengan BABnya?
    sering bersin, kentut,
    mohon informasinya
    terima kasih sebelumnya

  89. 106 lilik
    August 19, 2011 at 7:33 am

    Lam kenal mb,,
    Anak saya umur 25hari,tiap habis mnm Asi ato susu formula sll BAB n BAK nya seriiiing bwgd,,trus maw BAB ato BAK kyk nAngis gt,,tp anaknya gk brmslh aktif,,kira2 np y mb??makasi ya blsannya,,

  90. 107 haripah
    August 23, 2011 at 3:01 am

    babyku umur 2 bln,klo mo kentut suka mengejan dan kadang ikut kluar ampasnya,tpi itu baru2 ini sj,dan sekarang kok berbusa,knapa ya ? oya klo mengejannya sdh dr umur sekitar 2 mingguan,mksh

  91. 108 nonik
    August 24, 2011 at 10:21 pm

    babykuu usia 1 bulan 3 minggu beraknya kehijauan tp nggak lembek2 bgt,,dari baru lahir aku paduin ASI ma susu formula anmum kalo berak ngeden gt,akhrnya ak gnti bmt platinum tp malahan berak lembek bgt,,skr ak balik lg ke anmum tp kok nggak kayak dulu lg beraknya,sekarang lembek kehijauan gtu ..
    normalkah babyku ini mom ???????????????

  92. 109 Madiyansyah, S.Sos.I
    September 11, 2011 at 2:27 pm

    Assalam.salam kenal mbak. mau tanya baby kami berusia 1 bln 2 minggu, 2 hari ini fesesnya cair,kuning dan berbusa.babynya masih mengkonsumsi ASIX.apakah ini normal mbak? mksh jawabannya, ditunggu segera..

  93. 110 Uminya Bitha
    September 23, 2011 at 3:57 am

    Bayi ku berusia 3m 3w, minggu kemaren sempat gak BAB 3 hari, tapi di hari ke-4 hamdalah BAB nya keluar meskipun sedikit, sempat khawatir juga sich, tapi setelah nemu blog ini dan baca-baca kekhawtiran itu jadi berkuarang…so, tenkyu mom..:-)

  94. September 24, 2011 at 3:55 am

    Bagus banget artikelnya. Ringkas, padat, dan jelas!!!

  95. October 10, 2011 at 1:13 am

    bayi saya berusia 1,5 bulan dia mengkonsumsi ASi dan susfor jg….dia kencing2 trs saat terbangun n beraktivitas pd saat tidur tidak trs BAB nya skrg kuning kehijauan apakah kondisi th baik……

  96. 113 naning
    October 10, 2011 at 11:37 pm

    mba bayi saya umur 8 bulan dai kena ee nya encer sedikit ada ampasnya kira 2 se hari samapai 4 atau 5 kali dan warnanya hijau…terkadang disertai dengan badan yang hangat,kata orang tua itu tandanya anak mau pinter apa,tapi saya sebagai ibunya khwatir sekali,apaitu bisa sembuh dengan sendirinya atau harus di obati kalo memang perlu di obati obat yang aman buat anak seumuran anak saya apa? dan wajar otau engga?

  97. 114 naning
    October 10, 2011 at 11:49 pm

    oh ya mba anak saya masih asi dan ga minum susu sambung yang lain

  98. October 18, 2011 at 6:33 am

    asskum,.,.,.
    anak aq sekarang usianya 8 bulan,,, babnya sehari bisa 2-3x,.,. awalnya babnya didit n agak keras lalu saya beri obat dari dokter babnya banyak n lumat,, tapi kuantitas babnya tetap 2-3x perhari,,.,. padahal sebelumnya babnya 1 hari hanya sekali… kira2 knp n bagaimana cara mengobatinya,,.,.,,.

  99. 116 suqma
    October 20, 2011 at 1:01 am

    saya mau tanya
    bayi saya berusia 1,5 bulan sudah 1 minggu ini belum juga BAB…
    ketika dipegang perutnya lembek tp terkadang keras…
    anak saya juga sering buang gas..
    saya memberikan susu formula 1 hari 1-2 botol selebihnya minum asi,,dan sedikit air putih…
    yang saya tanyakan apakah bayi saya ada masalah dalam pencernaannya atau masih dalam kapasitas normal?

  100. 117 poula
    October 30, 2011 at 11:49 pm

    syaloom…
    mau tanya anakqu berusia 9 ,5 bulan sudah 2 minggu ini babnya gak lancar. kadang 3 hari 1x, kadang 2 hari 1x. fecesnya keras berwarna kehijauan,agak kuning sedikit. keras spt tanah liat. aku bingung, makannya udah aku buat bubur tim dengan wortel,bayam,tomat, hati ayam kampung. setiap hari aku kasih perasan jeruk manis. tap bab nya tetap keras. 3 hari gak bab aku kasih microlax, hasilnya anakqu msti ngejan dulu dan nangis baru bab nya keluar. oh iya anakqu mengkonsumsi susu formulam.
    moho bantuannya?
    thx

  101. 118 nia kurniasih
    November 6, 2011 at 8:19 am

    selamat sejahtera….
    umur bayi saya 6 bulan, konsumsi asi plus makanan tambahan (bubur bayi).jika selama 3 hari tidak bab normal/tidak???? jika tidak normal bagaimana solusinya???..terima kasih…

  102. 119 bundanya najwaa
    November 17, 2011 at 5:58 am

    met siang.putri saya usia 3 bulan.dari lahir minum sufor SGM dan ASI tp jarang banget krn gak lancar,BB nya 5.5kg.BAB nya 2 hari sekali kadang sehari sekali,agak padat,kuning keemasan tp kadang kuning pucat tp jarang,tp sdh 3 hari ini BAB nya 6x sehari,spt bubur,ada lendir sedikit,kuning keemasan,kadang kuning pucat tp jarang.apakah masih tergolong normal?mohon penjelasan,tq

  103. 120 endah
    November 27, 2011 at 6:04 am

    mba,mohon ijin ilmunya di kopy,,,,

  104. December 6, 2011 at 4:48 am

    mba,anak saya umur 5 bulan ..Dari umur 3 bulan BAB Nya ga lancar..sampai Sekarang bab Nya seminggu sekali,malah Minggu inI udah10 hair ngga bab?itu Ga apa2 mba?Makasih

  105. 122 nina
    December 6, 2011 at 3:46 pm

    bertanyaaaaaaa….tapi kok aku ga ada jawabannnnnnn

  106. December 22, 2011 at 10:01 am

    Kalau bayi saya 2.5 bulan beratnya 5.7kg. Berat lahir 3kg. Normal ga yaa??

    Awalnya msh 1 bulan ASI+susu formula.masuk 2 bulan si kecil dh ga mau susu formula, tp BAB jd jarang. Pernah 7 atw 8 hari baru BAB, tapi tinjanya seperti selai, kuning. Dan itu terjadi 2-3 kali sampai si kecil skarang usianya dh 3 bulan lebih 1 minggu dan dah 7 hari lebih belum BAB. Apa itu normal???

    Saya belum menanyakan pada bidan, khawatir dikasih obat pencahar yang setahu saya itu kurang baik untuk si kecil.

    Dulu saya disarankan teman, dia calon bidan. Saya disarankan MINUM AIR PUTIH HANGAT yang banyak dan makan PEPAYA. Waktu itu saya baru mencoba minum air putih hangat yang banyak, belum makan pepaya, Paginya si kecil dah BAB. Sekarang saya minum air putih hangat tapi tetap saja belum BAB.
    Memang akhir2 ini saya tidak begitu banyak minum air putih. Tapi saya pernah membaca BANYAK MINUM AIR PUTIH TIDAK MEMPENGARUHI BANYAK SEDIKITNYA PRODUKSI ASI. Yang benar yang mana yaa?

    Maaf saya juga masih minim ilmu tentang BABY : )

  107. 124 dewi
    January 3, 2012 at 7:29 am

    anakku sekarang umurx udah 4,5 bulan, sejak habis masa cuti aq kasi ASIP yg disimpen di kulkas dan sejak itu bab bayiku jadi berwarna hijau, berlendir dan bab 3 smpe 5 kali sehari sampai sekarang. aq udah bw kedokter 3x (dokterx beda-beda) tetapi tetep gak berubah tapi anaku sehat2 aja dan gak rewel. aq jd bingung apax yg salah, padahal selama proses pemompaan asi sampai penyimpanan menurutku udah higenis. tolong informasinya?? apakah bab anakku termasuk normal ato tidak?

  108. January 20, 2012 at 4:04 am

    Ya anak sy BAB y kuning pekat n berlEndir ap kah it normal?

  109. 126 Kiki
    January 26, 2012 at 8:48 am

    Bayi saya umurnya 7bln.knp pas bayi saya BaB KO’ ada seratnya berwarna hitam kayak benang tapi cepet rapuh kl di tekan2.
    Apa ada masalah sama Bab bayi saya.
    Tolng di bls scptx atau bls k email sya saja.
    Thak’s sblmnya,

  110. 127 marlinda lay
    January 27, 2012 at 9:25 am

    thank,s yach infonya sangat/membanttu kami….

  111. 128 mahbub
    January 31, 2012 at 8:35 am

    Alhamdulilah… Lega rasanya stlh membaca artikel diatas, mksh mksh mksh

  112. 129 ihdanto
    February 2, 2012 at 5:05 am

    mbak,.anak saya usia 1 bulan 3 minggu.
    Selama ini asi eksklusif. Sudah 8 hari ini tidak BAB..tpi anaknya ga rewel,perutnya ga keras.msh suka kentut & BAK lancar.
    Ini yg ke2 kali,sebelumnya,dy pernah ga BAB selama 5 hari,.saat BAB dy ga mengejan/kesakitaan,bentuk faecesnya waktu itu berubah,jadi seperti bubur,warnanya kuning.
    Normalkah kondisi anak saya.,??
    Kapan sebaiknya saya bawa ke dokter.,??
    Terimakasiii ia mba,..

  113. 130 nie
    February 2, 2012 at 8:10 am

    ankku baru 4mngg,BAB ny sering,tadiny d kira diare.. klo dh tau gni,jd tenang dh..thx y..

  114. 131 mamah daffa
    February 9, 2012 at 4:03 am

    Saya mau tanya nich anak saya umur 3 bln 18 hari ga bab selama 7hr itu knp ya saya kasih asi campu formula,,pas umur bayi saya kurang dari 1 bln bab nya lancar sehari 2 kali

  115. 132 cia
    February 16, 2012 at 10:01 am

    artikel nya luar biasa bermanfaat. Kami sangat berterima kasih.

  116. 133 bundanya mufeeda
    February 17, 2012 at 7:53 am

    assalamualaikum mba……
    mba,bayi sy 2bulan 10 hari sudah 3 hari belum BAB tp dia tdk rewel kentut nya jg sering,
    dulu sy lahir d sc jd selama d ruang bayi,bayi saya d berikan susu formula,dan ASi jika d pertemukan dg saya,setelah 4hari pulang dari Rumah Bersalin saya meberikan ASI saja sampai sekarang. Dari mulai berada d rumah BAB nya kuning tapi berbusa,awalny mgkn perkiraan saya krn perubahan pemberian dari susu formula ke ASI namun sampai terakhir 3hr yg lalu pun bayi sy BAB ny msh berbusa,tp dia tidak rewel.
    mba normalkah BAB ny berbusa? yg lbh khwatirnya sdh 3 hari jnj belum BAB. d tunggu jwbnnya ya mba. mksi.

  117. 134 fata
    February 25, 2012 at 11:55 pm

    mba saya mau nanya,please….
    anak saya belum BAB selama 5 hari tapi sseblumnya pernah sampai 20 hari baru BAB,makanan MAsih ASI,usia BAyi 6 mainggu,sebelumnya pas 20 hari BABnya encer,lengket,menggumpal!!
    GMNANA DONG…..

  118. March 9, 2012 at 10:53 pm

    mba anak saya umrnya baru 1 stengah bulan, lahir beratnya 3,4kg, skrang sudah 5,2kg. minumnya asi, sempat sih minum susu formula tapi itu cuma 3hari pada awal lahir karna asi saya blum ada. sudah seminggu ini anak saya gak BAB tapi buang angin terus sudah saya periksa kebidan dikasih mikrolax tapi gak ada kluar juga. ini normal apa gak mba? tks atas jawabannya ya…

  119. March 12, 2012 at 9:46 am

    thx bwt info’nya. yg tdnya was2… skrg ud lega’an soalnya smua infonya persis sm kya ank sya alamin.

  120. 137 Christin
    March 16, 2012 at 4:29 am

    Pagi Mbak & bunda lainnya, saya baru nemu blog ini..ms bisakah saya dapat jawabannya di blog ini..sangat butuh saran mbak..

    Baby saya umur 7 bulan lebih, susunya formula N.T….N R…L + MP bubur saring, MP sudah sejak 4 bulan dikonsumsi akhir2 ni babnya seperti bubur begitu juga dengan baunya yang tak begitu nyaman tercium (Asam). selama ini rutin babnya 1 hari sekali setiap pagi2 hari setelah minum 1 botol susunya. selama seminggu ini babnya jadi 2 hari sekali.. sudah konsul ke DR. SPA ktnya tidak apa2 tp saya tetap aj kuatir, apakah ini benar2 normal pada bayi atao ada pengaruh susu formulanya / pencernaan yang belum normal ?

    mohon petunjuknya ya mbak & bunda, ditunggu ya..
    Thanks

  121. March 21, 2012 at 3:01 pm

    Artikel yang sangat informatif. Jangan lupa kunjungi bocahbayi.com

    • 139 Rizal
      March 22, 2012 at 3:38 pm

      Salam,anak saya berusia 11 bulan dan diberi asi exclusife dan makan nasi tim, saat ini anak saya BABnya berwarna hijau pucat dan dalam 1 hari sampai 5 kali , normal gak ya melihat kondisi aktifitas anak saya yg sekarang gak seperti biasanya dan berat badannya 7 kg , mohon bantuan dan sarannya donk

  122. 140 adil
    March 23, 2012 at 3:07 pm

    malam,,mbak saya mau tanya,,usia bayi saya 13 hari,,BAB nya sering(dalam shari bisa lbh dr 5x),dan warnanya kdng kuning kadang hijau,kadang cm seperti kluar air saja wrn kuning,,kemarin smpt check bilirubin nya 9,dan thorombositnya 609,,ibu nya memberikan ASI ekslusif dr lahir,,apakah hal tsb normal??,

  123. March 25, 2012 at 4:04 pm

    terima kasih infony..stlah mbacany mbuat saya sedikit lega krn my baby girl usia memasuki 5 bln 3 hari dgn ASI Eksklusif sudah tdk BAB slama 10 hari..sblmny 2 hr skali, lalu 4 hr skali, dan skrg sdh 10 hr, awal tdk tlalu kwatir tp skrg jd kwatir, kadang dia spt ngden tp tdk BAB jg tp mnmny msh kuat..batas maksimal bayi Asi tdk BAB sampai brp hr ya lalu saya bs dtngi DSA anak saya? terima kasih

  124. 142 jenny
    March 27, 2012 at 5:17 pm

    sy sedang kebingungan nech Anak 4,5 bln laki laki, awal kelahiran nya sy beri susu formula morinaga tp sy campur dgn ASI sy perbandingan nya per hari sy beri susu formula 4-5x 90cc masalah baby sy tdk BAB bs smp 8-9 hari krn menurut pengalaman mama sy dubur anak sy pancing menggunakan sabun batangan ternyata memang benar tdk smp 5 menit dia sdh bs BAB,apakah menggunakan cara ini aman u/baby sy? tinja yg di keluarkan nya bagus tidak keras tp kenapa mesti di pancing baru bs pup? apakah skrg sdh blh sy berikan buah2an pepaya atau pisang supaya pup nya lancar tanpa di rangsang? porsi yg di anjurkan?
    minta solusi nya ya kak…. tq

  125. 143 Nelly Husna
    March 28, 2012 at 2:12 pm

    saya mau nanya nich Dok, gini, anak saya usianya 9 bulan, dan selama ini saya kasih ASI ekslusif, sejak usia 8 bulan mulai saya kasih nasi tim ( nasi dengan sayur bayam, kentang, wortel ) namun semenjak saya kasih nasi tim, kok babnya jadi 2 s/d 3 hari sekali, dan jg agak keras, apa penyebabnya ya Dok, dan gimana cara mengatasinya agar babnya nggak keras

  126. 144 Hera
    April 5, 2012 at 8:13 am

    Bayi saya umurnya 5bln.Kenapa pas bayi saya BAB kok ada seratnya berwarna hitam kayak benang tapi cepat rapuh kl di tekan2.
    Apa ada masalah sama BAB bayi saya?
    Tolong di bls scptnya ke email saya saja,
    Thank’s sblmnya.

  127. April 12, 2012 at 3:20 am

    mau tanya ni,,ank sy usia’y 5bln udah smgg ini bab bs 7kli sehari,,dy lbh bnyk minum si d’banding susu formula apakah itu termasuk diare atau bukan
    terimakasih.

  128. April 12, 2012 at 3:20 am

    mau tanya ni,,ank sy usia’y 5bln udah smgg ini bab bs 7kli sehari,,dy lbh bnyk minum asi d’banding susu formula apakah itu termasuk diare atau bukan
    terimakasih.

  129. 147 ema.
    May 1, 2012 at 12:16 pm

    salam kenal mbak….
    mbak sya binggung,,, saya bru punya anak pertama tp anak saya susah BAB.. maksudya BAB_y gak lancar kdang 1 minggu sekali BaB_y..
    kmren uda tanya ke dokter truz dksih obat ttes ke mulut mbak,,,
    sampe skrg msig aza blom lancar,, gmna yach mbak apakan itu normal2 aza????
    tolong yach mbak djawab..
    thx sblumya..

  130. 148 Ivo
    May 11, 2012 at 10:20 pm

    Slamat pagi mba’, saya butuh bantuan dari mba’. Anak saya umur 1 setengah bulan, udah 3 hari ne blm bab,saya kasi ASI + SUFOR,trus ank saya suka ngulet sampe mukanya merah,dan setelah minum ASI perutnya kok bunyi2? Apa ini normal? Tolong pengarahannya, saya butuh jawaban mba’
    trim’s

  131. 149 Ivo
    May 11, 2012 at 10:23 pm

    Saya tunggu jawabannya di Email saya

  132. 150 Lily Abineno
    May 12, 2012 at 1:46 pm

    Terimakasih artikelnya sangat membantu… U/ tidak kuayir. Anak saya skrg baru ysia 6 minggu… Semuanya normal seperti penjelasan diatas.

  133. 151 iiz
    May 20, 2012 at 2:29 pm

    mbak…mw tny dunk ank sy berusia 1,5 bulan..tp BABnya 1 hari 1 kali bahkan bisa 2 hr sekali..penyebabnya ap y?ia sy beri ASI dan susu formula thanks.

  134. 152 Tata
    June 19, 2012 at 3:57 am

    Ank saya dr umur 6 bln bab setiap 4 hari skali..normal gak ya?

  135. June 27, 2012 at 7:47 am

    Infonya berguna banget tuh kekhawatiran saya yang anaknya udah 3 hari ga BAB jadi tenang ternyata itu biasa

  136. 154 Chaesya
    June 28, 2012 at 11:47 pm

    Mb sy mau tanya knp y baby sy susah BAB dah seminggu blm BAB klo BAB D kasih microlax skrng baby sy umur 8 bln lebih 5 hari apdahal dia cuma d kasih ASI dan makan tim tp sayah dah k dokter SPA kt y ga ap2x bnykin mkn buah am sayuran sempet lancar tp semblit lagi sy jd bingung baby sy mslh y BAB y susah terus

  137. 155 naza
    July 1, 2012 at 6:18 pm

    tq buat infonya..

  138. July 9, 2012 at 8:21 am

    maaf sebelumnya, sya mau tanya.. apakah wajar, apabila BAB anak saya berbusa. anak saya berumur 1 bulan.. memang selain asi, anak saya di beri susu formula pada malam hari. tujuan saya memberikan susu formula di malam hari adalah agar istri saya bisa istirahat dan posisinya di gantikan oleh saya.. tetapi selama kejadian bab berbusa, anak saya tidak rewel .. dia anteng saja.. apakah itu wajar2 saja, apakah bab berbusa itu di pengaruhi oleh susu formula..?

  139. 157 desti
    July 22, 2012 at 7:03 pm

    maaf sebelumnya, saya mau tanya… anak saya berumur 7 bln lbh… dari bayi sdh mnum susu formula namun sempat asi pada umur 1 dan 2 bulan… pada umur skrg bayi saya sering BAB 4 kali dalam sehari, tetapi anak saya tidak rewel… Apakah ini normal saja???

    thank’s

  140. 158 nia
    July 25, 2012 at 4:08 pm

    mba,,,,mau tanya ank saya usia 6blan bab’y sampai 3_5 kali tiap hari tpi bab’y mencret,,,,,apakah itu trmasuk diare mba?! tlong jwb saya butuh jawaban’y soal saya khawatir ma kndisi ank say trima kasih

  141. 159 UYOKSURYO
    August 7, 2012 at 12:21 am

    maksih informasinya sangat membantu….

  142. 160 ijal
    August 17, 2012 at 6:32 pm

    mba mohon bantuanya mau nanya, anak saya udah 6 hari belum bab. gimana yang harus kami lakukan jadi khawatir

  143. August 29, 2012 at 4:57 pm

    bayi saya 3 minggu 3 hari, sdh 4 hari blm bab, 2 hari ini banyak buang angin dan kadang berbau. diberi asi eksklusif. saya mengkonsumsi suplemen pelancar asi. bayi relatif normal seperti biasa, g rewel, kecuali kl mau mnm asi. tolong saran dan solusimya. trm ksh

  144. 162 siti rokhayati
    September 17, 2012 at 6:26 am

    mbk… Babyqu usiany 6,5 bln. Udah 10 hr ni baby qu Bab terus kdang 2x shari, bab ny encer berair warna kuning kecokltan, dia masih minum asi,tapi sudah saya dampingi makan bubur jg. Apakah anak saya bermasalah mbak ? Trimaksh

  145. 163 tri lestari
    September 24, 2012 at 3:48 am

    MAaf,,, mau nanya juga,,, baby q umur 3 m-nggu.,,, minum susu formula, kog sering BAB yaa,,,, normalkah ? Atau diare ? Mohon bantuan infonya,,,,

  146. 164 Rizki
    October 11, 2012 at 8:10 am

    mbak Z mo nax
    Anak z berumur 1 blan,, Z memberi ASI eKslusif pi dah bbrp hri ini BABx cair n berbusa pi mzh berbiji dan frekuensi BABx jga sring,,
    Apakah ini mzh wjar pd bayi berumur 1 blan??
    Mhon bantuanx,,

  147. 165 anna
    October 22, 2012 at 7:59 am

    Bayiku usia 5 bulan. BAB nya 5-6 kali sehari, kadang berwarna hijau atau kuning. Sampe saat ini masih ASI dan dibantu susu formula. Apa BAB nya itu masih aman2 saja ?

  148. November 18, 2012 at 12:03 am

    sy mau nanya bayiku usianya 10bln udah 6hr bab 5x dalam 1hr terus tinjanya berlendir kadang cair berwarna hijau kadang jg berwarna kuning aq pusing apa krn tdk cocok dgn b bubur milna atau susu formula atau ibunya yg salah makan

  149. November 19, 2012 at 6:32 am

    Tolong donk bayi saya usia 5 bulan berat 6,6 kg bermasalah soal menyusu,tidak terlalu suka menyusu kecuali kalau sudah terlalu haus,jadi saya beri susu formula tp pakai sendok krn tidak mau isap dan di beri koleh juga..semuanya pakai paksa. BAB ny encer hijau 1 hr 3-4x. Udah dibawa k spesialis anak. .tp katanya cuma kembung. .kembung krn tidak mau nyusu. Tp yg saya mau tau penyebab tidak mau menyusu. .? Tolong jawabanny ya

  150. 168 zan
    January 11, 2013 at 9:18 am

    cuman sharing aja.. saya punya anak lahir prematur. pertama lahir berat 1,5 kg. kini umur anak saya 6bln dengan bobot 4kg. bobotnya memang kurang karena mungkin masih asi sampai nunggu MPASI. belum ditimbang lagi. pengalaman waktu umur 3-5bln pernah gak BAB sampai kurang lebih 19-22 hari kalau gak salah inget…tapi dia gak rewel. jadi saya anggap masih normal.. (waktu itu perasaan takut) tapi setelah tau info klau hanya minum ASI akan jarang BAB ya saya agak tenang. setelah memasukin 6bln dan mulai mkn MPASI. BAB tiap 2-3 hari sekali. dan akhir2 ini tinja berwarna coklat tua & padat. karena kelebihan zat besi ya klau g salah?. apa mungkin dari obat waktu sakit mencret + obat batuk & penurun demam kamarin ya…

  151. 169 yunimar irawan
    January 12, 2013 at 2:45 pm

    anak saya baru berumur 11 hari,ASI ekslusif, sejak lahir baru BAB 2x berwarna hitam dan bau. Krn udah 5 gak BAB lagi akhirnya dibawa ke dokter, entah diberi obat apa yang dimasukan melalui anus,akhirnya bayi saya BAB banyak,berwana hitam dan bau.
    Selama awal asi puting susu saya diolesin madu dan beberapa kali diberikan air putih krn menangis terus
    mohon penjelasannya
    terima kasih

  152. 170 yani
    January 16, 2013 at 3:43 am

    thanks infonya,, sangat brmanfaat

    • 171 mamah kaylila
      March 4, 2013 at 4:49 am

      mau tanya donk, bayi ssaya 2 bulan ASI ekslusif, suda seminggu ini setiap kali dia kentut feses nya ikut keluar juga tapi sedikit sekali kadang keluar sama air juga.. dia ga rewel, gerakannya tetep aktif… kenapa ya??? mohon penjelasan
      terimakasih

  153. March 4, 2013 at 7:30 am

    Mba mau tanya… Bayi saya umur 2,5 bulan selama ini masih full asi, tapi sempat 2x diberi madu. Apakah berarti bayi saya sudah tidak lagi dikategorikan asi eksklusif?

  154. 173 aprilia
    March 15, 2013 at 3:45 am

    makasih infonya berguna banget;-)

  155. 174 riska
    April 3, 2013 at 11:01 am

    mbak sya mau tnya,,,anak sya usia 3 bln masih ASI eksklusif,,mulai dari lahir sampe skrng kuk BAB nya masih sering ya,,,sehari bisa same 8-10 x,,bahkan bisa lebih,,warna kuning pekat,ber air,kadang kehijaun,kadang kluar seperti busa,,,tapi ank saya tetap aktif dan berat badan tiap bulan naik 1kg,,sudah saya bawa ke beberapa dokter dan sudah diberi obat diare tpi tetep BAB nya sering dengan tekstur yg sama,,,apa yg harus saya lakukan,,terimah kasih,,

  156. 175 Riko
    April 8, 2013 at 1:20 am

    Anakku seminggu yang lalu juga sembelit, karna baru mendapat makanan MPASI, umur anakku 6 bulan 8 hari, sebelumnya aku bingung anakku tidak bisa BAB,, facesnya keras, dan sempat berdarah pada waktu BAB, sudah saya kasih pepaya namun tetap tidak bisa bab,,, AKHIARNYA saya bawa ke DSA, kata dokter pepaya bangkok dan pepaya california malah bisa menyebabkan sembelit atau bahasa kodokterannya konstipasi, DSA menyarankan memberi pepaya burung yang warna dagingnya kuning,,,,dan anakku diberi obat yang namanya DULCOLAKTOL dosisnya 5 ml – 7,5 ml atau 1 1/2 sendok obat,,,,,dicampur makanannya,,,,oya jangan beri bayi anda makanan kemasan pada waktu konstipasi,,, bayi saya di beri alpukat mentega setiap pagi dan sore. alpukat di campur 1 1/2 sendok obat dulcolaktol,,,alhasil kurang dari 48 jam,,,,anak saya bisa BAB dengan lancarnya dan banyak bgt facesnya,,,,,,,,oya kalo lg ngeden anak lebih baik kita posisikan seperti orang dewasa buang air untuk membantu buang airnya dan sekitar duburnya di tekan tekan agar bisa mengeluarkan kotorannya,,,,dulkolaktol rasanya seperti madu tapi tidak terlalu manis jadi bisa dicampur sama makanan bayi kita,,,,,,,,,,,,,semoga membantu

  157. 176 bunda afiqa
    May 21, 2013 at 6:31 am

    alhamdulilah, masih normal2 aja. sempet khawatir afiqa kena sembelit, sampai2 takut kalo kekurangan asi juga, soalny frekwensi BABny berkurang, thks, infony;)

  158. 177 nuning
    June 8, 2013 at 8:54 am

    Klo memang bayi dibawah 6 bulan asi eklusif dsebut normal tidak bab sampai satu minggu,berarti sy tdk perlu khawatir.mslhnya sdh 6 hr skg bayi sy blm bab

  159. June 24, 2013 at 7:58 am

    Ternyata seperti itu ya siklus BAB pada bayi ASIX.
    Terima kasih atas sharingnya.

  160. August 30, 2013 at 6:17 pm

    Mengapa bai saya sering bb,pas di usia sebulan..ap krna ssu formula nya sya gnti,sya suda berobat tp kata bidan itu biasa’ gmna cranya mengatasi bb pada bai saya..

  161. August 31, 2013 at 3:07 pm

    Duh makasih infox…berguna bgt,cz izza dah 1 mgg blm bab,padahal asi eksklusif.

  162. 181 ria
    September 8, 2013 at 3:13 pm

    Mbk anak saya usia 4, 5bln tp sdh 5hari ini susah BAB padahal dia msh asi esklusif dan anusnya juga berwarna merah, apakah nanti nya juga akan berpengaruh bila anak saya kelak umur 6bulan di beri makan/susu formula akan tambah susah BAB nya? Bagaimana untuk solusinya

  163. 183 helmi
    December 7, 2013 at 11:39 pm

    mbak,,mau nanya. anakku umur 7bulan 24hari sdh 2hari ini pupnya warna kuning berbiji-biji sampai 5kali sehari pupnya, dia tak pernah dapat asi eksklusif. klo minum susu formulanya selalu dimuntahkan, dah dia semakin rewel. tapi makannya dan minum air putihnya banyak. normalkah mbak?

  164. 184 mizna
    January 13, 2014 at 11:31 am

    Mba ank ku dh mo 4buln
    Pi knpa jarang bgt pup’a yy??neh dh hampir sminggu lbih!!bahaya g sehh ??thanks yy!!

  165. January 20, 2014 at 7:07 am

    Thk`s ….
    Bgs bgt nih artikel sangat membantu

  166. 186 farida
    January 27, 2014 at 12:22 am

    Mbak anak saya umur 2bln mau nginjak 3bln,, sdh 6hari blm bab. Padahal pake asi eksklusif. Sampe khawatir nya saya bntu pake obt pencahar.. sdh sya bntu jg mkn pepaya n sayur2an.. tp kok tetap aja gk lncar..padahal dlu lancar sehari skali atau gk sehari ya 3hari bab. tolong Jawabnya.

  167. 187 WITHA
    January 29, 2014 at 5:52 am

    mba mo nanya bayi sy umur 2 bulan ,, sy berikan asi dan d bantu susu formula.. BAB nya 2hari sekali.. berwarna hijau.. apa itu normal ato ada masalh pd susux ato makanan yg sy konsumsi.. terima kasih..

  168. 188 rina
    March 8, 2014 at 9:54 am

    Mbak saya mau tanya anak saya umur 19hari sekarang dia susah bab saya jd khawatir saya sdh k dokter sdh di kasih obat penchr tp dpt 2 hr kok g bab lg apakah itu normal saya sangat khwatir

  169. April 4, 2014 at 6:40 am

    Berarti sangat penting sekali ya untuk bunda agar mengkonsumsi makanan dengan benar agar Asi tersebut bisa diserap oleh bayi dengan baik,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Fashion Termurah dan Terlengkap. Mau cantik? Masuk ruang dandan dulu dong

Photobucket

Ngobrol Bareng Saya

Categories

February 2008
M T W T F S S
    Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Blog Stats

  • 472,620 hits
Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Third Birthday tickers
Lilypie First Birthday tickers

Who’s Here?

Photobucket
Photobucket

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: