19
Feb
08

Plus Minus Alat Kontrasepsi

*Kontrasepsi memang bukan barang aneh. Tapi sudah tahukah Anda plus-minusnya? Nah, dengan mengenalnya secara lebih baik, Anda tak perlu bingung lagi untuk memilih*

*****

Hampir semua pasangan suami-istri memerlukan perencanaan kehamilan dan sekaligus membatasi jumlah anak. Karena itu, kontrasepsi dibutuhkan. Alasan penggunaan kontrasepsi bisa macam-macam, dari menunda kehamilan, menjarangkan jarak kehamilan, sampai menyetop kehamilan.

“Masing-masing pasangan punya alasan. Mungkin karena urusan sekolah, pekerjaan, usia, kesehatan dan segala macam. Bisa juga karena sudah memiliki anak dan hendak menunda kehamilan berikutnya. Atau, ya, ingin berhenti karena anak sudah banyak,” jelas dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo.

Seperti kita tahu, ada begitu banyak alat kontrasepsi. Secara garis besar, kontrasepsi itu dibagi dalam tiga bagian besar. Yaitu kontrasepsi mekanik, hormonal, dan kontrasepsi mantap.

KONTRASEPSI MEKANIK

Dinamakan mekanik karena sifatnya sebagai pelindung. Maksudnya, kontrasepsi ini mencegah bertemunya sperma dan sel telur dalam rahim. Nah, ada beberapa kontrasepsi yang termasuk dalam golongan mekanik ini, yaitu kondom dan diafragma.

  • Kondom

Dulu kondom terbuat dari kulit atau usus binatang. Setiap akan digunakan direndam dulu. Kemudian terbuat dari linen. Kini kondom terbuat dari bahan karet yang tipis dan elastis. Bentuknya seperti kantong.

Fungsi kondom sebenarnya untuk menampung sperma sehingga tidak masuk ke dalam vagina. Perlindungan tersebut efektif 90 persen. Terlebih jika dipakai bersama dengan spermisida (pembunuh sperma). “Rata-rata, dari 100 pasangan dalam setahun, sekitar 4 wanita yang hamil,” ujar Andon.

Kondom harganya murah, mudah didapat, tidak perlu resep dokter, tidak perlu pengawasan dan juga bisa mencegah penularan penyakit kelamin. Tapi tidak selalu cocok terutama jika pemakai alergi terhadap bahan karet. Dan mungkin saja terjadi kebocoran, karena bahannya yang sangat tipis.

  • Diafragma

Kontrasepsi wanita yang mirip kondom. Bentuknya seperti topi yang menutupi mulut rahim. Terbuat dari bahan karet dan agak tebal. Kontrasepsi ini dimasukkan ke dalam vagina, semacam sekat yang dapat mencegah masuknya sperma ke dalam rahim.

Diafragma digunakan jika akan berhubungan seksual. Setelah itu bisa dilepas lagi atau tetap pada tempatnya. Karena bahannya lebih tebal dari kondom, kontrasepsi ini tidak mungkin bocor.

  • Alat Kontrasepsi Dalam Rahim

Alat Kontrasepsi dalam Rahim/AKDR/IUD lebih dikenal dengan nama spiral. Berbentuk alat kecil dan banyak macamnya. Ada yang terbuat dari plastik seperti bentuk huruf S (Lippes Loop). Ada pula yang terbuat dari logam
tembaga berbentuk seperti angka tujuh (Copper Seven) dan mirip huruf T (Copper T). Selain itu, ada berbentuk sepatu kuda (Multiload).

“Yang paling terkenal *Copper T* dan *Multiload*. Kontrasepsi tersebut jadi pilihan karena kenyamanannya. Modifikasi terbaru *Copper T*, yaitu *Nova T*memiliki keunggulan lebih lembut,” jelas Andon.

Alat kontrasepsi ini dimasukkan ke dalam rahim oleh dokter dengan bantuan alat. Benda asing dalam rahim ini akan menimbulkan reaksi yang dapat mencegah bersarangnya sel telur yang telah dibuahi di dalam rahim. Alat ini bisa bertahan dalam rahim selama 2-5 tahun, tergantung jenisnya dan dapat dibuka sebelum waktunya jika Anda ingin hamil lagi.

Sebagai pemakai, Anda bisa memeriksa sendiri keberadaan alat tersebut. Caranya dengan meraba benang alat kontrasepsi tersebut di mulut rahim. Seandainya Anda sudah melakukan pemasangan kontrasepsi ini, jangan lupa melakukan pemeriksaan ulang. Apakah itu 2 minggu sekali, 1-2 bulan sekali, atau setiap enam bulan sampai satu tahun setelah pemasangan. Pemakaian kontrasepsi tanpa bahan aktif Copper dapat terus berlangsung sampai menjelang menopause. Sedangkan kontrasepsi dengan bahan aktif Copper, 3-4tahun harus diganti.

Yang perlu diingat kontrasepsi ini bukanlah alat yang sempurna. Masih ada kekurangannya. Misalnya, kehamilan bisa tetap terjadi, perdarahan, atau infeksi. Mungkin akibat benang dari alat tersebut dapat merangsang mulut rahim sehingga menimbulkan perlukaan dan menganggu dalam hubungan seksual.
Pemakaian AKDR juga membuat kita lebih mudah keputihan. Karena itu sebaiknya kontrasepsi ini tidak digunakan jika terdapat infeksi genetalia atau perdarahan yang tidak jelas.

Keuntungannya, alat ini bisa dipakai untuk jangka panjang. Bahkan sama sekali tidak menganggu produksi ASI, jika ibu sedang menyusui. “Efektifitas pemakaian kontrasepsi dalam rahim ini, dari seribu pasangan, sekitar 5 wanita dalam setahun akan hamil,” ujar Andon.

  • Spermisida

Kontrasepsi ini merupakan senyawa kimia yang dapat melumpuhkan sampai membunuh sperma. Bentuknya bisa busa, jeli, krim, tablet vagina, tablet, atau aerosol. Sebelum melakukan hubungan seksual, alat ini dimasukkan ke dalam vagina. Setelah kira-kira 5-10 menit hubungan seksual dapat dilakukan. Penggunaan spermisida ini kurang efektif bila tidak dikombinasi dengan alat lain, seperti kondom atau diafragma. “Dari 100 pasangan dalam setahun, ada 3 wanita yang hamil. Tapi karena sering salah dalam pemakaiannya, bisa terjadi
sampai 30 kehamilan,” jelas Andon.

Diakuinya, banyak wanita merasa tak nyaman menggunakan spermasida. “Keluhannya, tidak enak dan timbul alergi,” ujar Andon kemudian. Selain itu, pemakaiannya agak merepotkan menjelang hubungan senggama. Pasangan pun sulit mencapai kepuasan.

KONTRASEPSI HORMONAL

Kontrasepsi ini menggunakan hormon, dari progesteron sampai kombinasi estrogen dan progesteron. Penggunaan kontrasepsi ini dilakukan dalam bentuk pil, suntikan, atau susuk.

Pada prinsipnya, mekanisme kerja hormon progesteron adalah mencegah pengeluaran sel telur dari indung telur, mengentalkan cairan di leher rahim sehingga sulit ditembus sperma, membuat lapisan dalam rahim menjadi tipis dan tidak layak untuk tumbuhnya hasil konsepsi, saluran telur jalannya jadi lambat sehingga mengganggu saat bertemunya sperma dan sel telur.

  • Pil atau Tablet

Pil bertujuan meningkatkan efektifitas, mengurangi efek samping, dan meminimalkan keluhan. Sebagian besar wanita dapat menerima kontrasepsi ini tanpa kesulitan. Di Indonesia, jenis ini menduduki jumlah kedua terbanyak dipakai setelah suntikan. Pil ini tersedia dalam berbagai variasi. Ada yang
hanya mengandung hormon progesteron saja, ada pula kombinasi antara hormon progesteron dan estrogen.

Cara menggunakannya, diminum setiap hari secara teratur. Ada dua cara meminumnya yaitu sistem 28 dan sistem 22/21. Untuk sistem 28, pil diminum terus tanpa pernah berhenti (21 tablet pil kombinasi dan 7 tablet plasebo). Sedangkan sistem 22/21, minum pil terus-menerus, kemudian dihentikan selama 7-8 hari untuk mendapat kesempatan menstruasi. Jadi, dibuat dengan pola pengaturan haid (sekuensial).

Pada setiap pil terdapat perbandingan kekuatan estrogenik atau progesterogenik, melalui penilaian pola menstruasi. Wanita yang menstruasi kurang dari 4 hari memerlukan pil KB dengan efek estrogen tinggi. Sedangkan wanita dengan haid lebih dari 6 hari memerlukan pil dengan efek estrogen
rendah.

Sifat khas kontrasepsi hormonal yang berkomponen estrogen menyebabkan mudah tersinggung, tegang, berat badan bertambah, menimbulkan nyeri kepala, perdarahan banyak saat menstruasi, Sedangkan yang berkomponen progesteron
menyebabkan payudara tegang, menstruasi berkurang, kaki dan tangan sering kram, liang senggama kering.

Penggunaan pil secara teratur dan dalam waktu panjang dapat menekan fungsi ovarium. Kerugian lainnya, mungkin berat badan bertambah, juga rasa mual sampai muntah, pusing, mudah lupa, dan ada bercak di kulit wajah seperti
vlek hitam. Juga dapat mempengaruhi fungsi hati dan ginjal. Kecuali itu, kandungan hormon estrogen dapat mengganggu produksi ASI.

Keuntungannya, pil ini dapat meningkatkan libido, sekaligus untuk pengobatan penyakit endometriosis. Haid menjadi teratur, mengurangi nyeri haid, dan mengatur keluarnya darah haid.

Efektifitas penggunaan pil ini 95-98 persen. Jadi, ada sekitar 7 wanita yang hamil dari 1.000 pasangan dalam setahun.

  • Suntikan

Kontrasepsi suntikan mengandung hormon sintetik. Penyuntikan ini dilakukan 2-3 kali dalam sebulan. Suntikan setiap 3 bulan *(Depoprovera)*, setiap 10 minggu *(Norigest)*, dan setiap bulan *(Cyclofem)*.

Salah satu keuntungan suntikan adalah tidak mengganggu produksi ASI. Pemakaian hormon ini juga bisa mengurangi rasa nyeri dan darah haid yang keluar.

Sayangnya, bisa membuat badan jadi gemuk karena nafsu makan meningkat. Kemudian lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali. Perdarahan tidak menentu. Tingkat kegagalannya hanya 3-5 wanita hamil dari setiap 1.000 pasangan dalam setahun.

  • Susuk

Disebut alat kontrasepsi bawah kulit, karena dipasang di bawah kulit pada lengan kiri atas. Bentuknya semacam tabung-tabung kecil atau pembungkus silastik (plastik berongga) dan ukurannya sebesar batang korek api. Susuk
dipasang seperti kipas dengan enam buah kapsul. Kini sedang diuji coba susuk satu kapsul*implanon)*. Di dalamnya berisi zat aktif berupa hormon atau Levonorgestrel. Susuk tersebut akan mengeluarkan hormon tersebut sedikit demi sedikit. Jadi, konsep kerjanya menghalangi terjadinya ovulasi dan
menghalangi migrasi sperma.

Pemakaian susuk dapat diganti setiap 5 tahun *(Norplant)* dan 3 tahun *(Implanon)*. Sekarang ada pula yang diganti setiap tahun. Penggunaan kontrasepsi ini biayanya ringan. Pencabutan bisa dilakukan sebelum waktunya jika memang ingin hamil lagi. Efektifitasnya, dari 10.000 pasangan, ada 4
wanita yang hamil dalam setahun.

Efek sampingnya berupa gangguan menstruasi, haid tidak teratur, bercak atau tidak haid sama sekali. Kecuali itu bisa menyebabkan kegemukan, ketegangan payudara, dan liang senggama terasa kering. Kendala lainnya dalam pencabutan
susuk yaitu sulit dikeluarkan karena mungkin waktu pemasangannya terlalu dalam. Hal tersebut dapat menimbulkan infeksi.

KONTRASEPSI MANTAP

Dipilih dengan alasan sudah merasa cukup dengan jumlah anak yang dimiliki. Caranya, suami-istri dioperasi (vasektomi untuk pria dan tubektomi untuk wanita). Tindakan dilakukan pada saluran bibit pada pria dan saluran telur pada wanita, sehingga pasangan tersebut tidak akan mendapat keturunan lagi.

*Aman Bagi Pasangan Baru Menikah*

**

Jika Anda baru menikah dan belum berencana punya anak, gunakanlah metoda sederhana untuk menunda kehamilan. Apa saja itu?

1. KONDOM

Sperma yang keluar akan ditampung oleh kondom, sehingga tidak masuk ke dalam rahim. Kegagalan mungkin saja terjadi. Biasanya karena kondom robek dan bocor.

2. PANTANG BERKALA

Untuk menghindari kehamilan, lakukan hubungan intim hanya saat istri dalam masa tidak subur. Ini bisa dilakukan pada pasangan yang istrinya mempunyai siklus haid teratur. Kerjasama dan pengertian suami sangat dibutuhkan dalam
hal ini.

3. SENGGAMA TERPUTUS

Cara ini mungkin bisa menghindari kehamilan. Konsepnya, mengeluarkan alat kelamin menjelang terjadinya ejakulasi. Cuma, cara ini memang agak mengganggu kepuasan kedua belah pihak. Tingkat kegagalannya cukup tinggi, 30-35 persen. “Ini lebih disebabkan suami tidak bisa mengontrol, sehingga sperma tetap saja tertumpah di mulut rahim dan tetap bisa masuk vagina.” ujar Andon.

*Cocok Tidaknya Pilihan Anda*

**

Tidak cocok jika:
* Berat Tubuh Tidak Stabil
Apakah tubuh menjadi kurus atau gemuk? Seandainya ada perubahan dari berat normal, kemungkinan kontrasepsi yang digunakan tidak cocok.
* Timbul Rasa Nyeri
Bisa nyeri kepala, nyeri otot, kram perut.
* Perubahan Emosi
Muncul gelisah, depresi, dan sebagainya.
* Pola Haid Terganggu
Darah keluar menjadi banyak sekali, sedikit, atau tidak ada sama sekali.
* Timbul Keputihan
Jumlahnya banyak dan mengandung bau.

* dikutip dari balita-anda

About these ads

60 Responses to “Plus Minus Alat Kontrasepsi”


  1. 1 ayu
    July 8, 2008 at 2:56 am

    bagaimana bila saya mau melakukan hubungan saat saya sedang haml 1bulan katanya kan lagi rawan2ny..tapi kalo seandainya suami pengin g bisa ditunda lagi gimana yc??…kalo diturutin takut ada apa2 sma kandungan saya…makasih

  2. 2 edelwz
    July 10, 2008 at 6:02 am

    @ayu

    hai ayu.. wah kalo soal itu lebih baek nanya ke dokter kandungan tempat kamu periksa ya.. tapi berdasarkan pengalaman dan diskusi dari temen2 semasa hamil dulu, selama kandungan kita gak bermasalah sih gak ada problem kalo mo hubungan, asal… inget, jangan terlalu bersemangat hahahaha!

    tapi kalo ada flek ato muncul tanda2 kandungan kamu bermasalah, jangan deh sekali2 lakuin hubungan, mending tahan dulu.. bilang sama suami, demi anak, bersabar dulu deh ^^
    ato kalo mank gak sabar, kan masih bisa pake “cara” lain.. maksudnya gak harus intercourse gitu (bener gak seh nulisnya :p).. hehehe..

  3. 3 ita
    September 8, 2008 at 8:16 am

    saya memakai kb susuk 5 th, tapi karena ingin punya anak lagi maka di tahun ke 4 saya lepas. tapi kenapa masih terasa bekas susuk sebanyak 3 buah. apakah hal itu wajar? dan kapankah saya bisa hamil lagi ? harus menunggu waktu adaptasi dulu atau gimana? thanks

  4. 4 Rudi
    December 29, 2008 at 1:20 am

    Mbak/mas, boleh nggak aku unduh materninya, ada tugas bikin makalah di kampus..ntar urlnya dicantumin kok, insya Allah…

  5. 5 Rudi
    December 29, 2008 at 1:21 am

    Mbak/mas, boleh nggak aku unduh materninya, ada tugas bikin makalah di kampus..ntar urlnya dicantumin kok, insya Allah…
    trims sebelumnya

  6. January 22, 2009 at 3:50 pm

    aku bingung soal harga dari alat kontrasepsi yg ditawarkan, kok di puskesmas bisa sangat murah sekali sementara di RS Swasta harganya selangit, apa ada perbedaan produk dlm segi merk,kwalitas atau tingkat resiko? sebenarnya apa yg bikin beda ya? thanks.

  7. 7 susy
    February 14, 2009 at 1:59 pm

    dimana membeli alat kontrasepsi jenis diafragma dan apakah akan mengurangi kualitasnya dengan tinggi rendahnya harga kontrasepsi jenis ini?

  8. 8 agustin
    March 29, 2009 at 6:27 am

    hallo, saya baru saja melahiekan anak pertama 5bln lalu, sekrg saya pake KB suntik yg 1bln sekali, tapi saya sering keputihan dan gatal2 sampai menggangu hub suami istri, sampe suami saya ikut merasa gatel jga, duh alat kontrasepsi yg bagus n aman tanpa efek samping apa yach?? tlg bales diemailku ya. tq

    • 9 pujirorry
      July 13, 2009 at 4:05 am

      hay,saya br sj mlhrkan anak pertama 3bln lalu,tp smp skrng msh klr drh sedikit2x hampir spt haid,trus sampai2x tensi darah saya 90/60,saya pake kb suntik yg 3bln skli,sebenarnya itu normal tidak ya?trus gmn ya cr mngatasinnya?tlng bls di emailku ya,tq

  9. 10 edelwz
    March 30, 2009 at 3:44 am

    @ agustin

    wah saya gak ada pengalaman pake KB suntik.. coba deh ke DSOGnya, tanya2 langsung. biasanya DSOG lebih ngerti kok kita cocoknya pake apa.. kan udah bantuin kita selama hamil sampe lahiran hehehe..

    kalo saya ditanya alat kontrasepsi yg bagus, aman, tanpa efek samping.. ya KONDOM :D

  10. 11 malika
    June 30, 2009 at 3:58 pm

    stl melahrkan anak kedua yg skrg 18 bln saya langsung make kb suntik 3bln, permasalahannya sampe sekarang tdk pernah haid (dulu wktu anak 1 haid walo hy 3bln skali)jg bb tdk pernah naik mlh cenderung turun. apakah kb suntik tdk cocok utk saya? trims

  11. June 30, 2009 at 11:08 pm

    saya baru menikah 1 tahun,dan blom punya anak banyak yang bilang ke saya untuk cepat punya anak harus mancing pake pil kb dulu, pil kb apa yang cocok ya?

  12. 13 Julia
    July 2, 2009 at 1:09 pm

    Idem pertanyaan lady galadriel, bagaimana bisa harga alat kontrasepsi di puskesmas dan RS Swasta bs begitu beda jauh??? Apa itu memang karna kualitasx yang bbeda??

  13. July 20, 2009 at 3:11 am

    sy mau nanya,gmn crny membatalkan kehamilan.krn khmln sy diluar nikah&kehamilan sy sdh mnjlang 2bln.

  14. September 30, 2009 at 4:11 am

    halo semua,

    saya pengantin baru dan saya suntik KB 3 bulan pada hari pertama nikah.
    dan efek yang saya rasakan saya haid terus menerus di bulan ke-2.
    yang ingin saya tanyakan apakah itu normal?
    pada bulan ke-3 gmn bisa kita bedakan Haid bulanan dengan haid penyakit (akibat Kb )?
    trus apakah saat haid masih keluar apa boleh berhubungan suami istri?
    Mohon masukan dari teman-teman semua.

    sebelumnya Terima kasih sebesar2nya atas responnya.

    Wss.
    laya

    • 16 dewi
      October 8, 2009 at 6:01 am

      wat laya….y nich pengetahuan saya waktu sya kut program kb suntik 3bln,ak jg dlu kya gtu.ktne dokter yg mengatasinya it cuma efec dr penyesuaian hormon aj.
      y smga masukan ne dpt membntu.

    • 17 edelwz
      November 19, 2009 at 1:29 am

      hai Laya, maaf ya saya baru baca sekarang :D
      kebetulan kemaren sehabis lahiran anak kedua, pas hari ke-40 saya langsung ikut kb suntik yang 3 bulan karena katanya gak mempengaruhi ASI.

      memang benar, setelah itu muncul flek berkepanjangan, sempat haid sebentar, trus brenti, trus flek lagi.. sekali flek aja bisa sampe 2mingguan baru brenti/bener2 bersih.

      saya rasa itu emang efek samping dari kb suntik ini ya.. makanya kemarin waktu jadwal kb suntik lagi, saya gak lanjutin hehehehe.. mending pake kondom dulu deh sekarang2 ini. cape ngeflek2 mulu.. lum lagi ternyata asi saya ada sedikit penurunan kuantitas, jadi takut sayanya utk melanjutkan.

      just a thought ya :)

  15. 18 trienizah
    November 23, 2009 at 12:05 pm

    hai…aq br melahirkan 4 bulan lalu,skarang aq make KB suntik 3 bulan…pengen nanya neh klw dbulan 1 pertama reaksi dari kb suntikx seperti apa btw mana bagus sih pake alat k0ntrasepsi atau KB alamiah aza..thankb4…

    • 19 edelwz
      December 4, 2009 at 8:59 am

      hi trienizah, bisa liat reply saya yg di atas ya.. coz pengalaman saya ya kayak gitu ^__^

      saran saya, kalo masi asix mendingan pake kb kondom aja deh dulu.. jgn yg hormonal.. ini sekedar saran ya :)

  16. 20 Modis
    January 10, 2010 at 4:27 pm

    Apabedaalat kb dr puskes ama rs? ko harganya siknifikan..opo kwlitas beda jg

  17. 21 septi
    March 1, 2010 at 2:54 am

    asslkm ? Saya bru melhrkan 4 bln skrng pki kb spiral ? Memng u/ menyusui tdk ada gngguan tpi yng jdi pertnyaan saya apa saya ngga cck ya pke spiral coz BB saya trus naik

    • 22 edelwz
      March 1, 2010 at 4:53 am

      dear Septi,

      sependek yang saya tahu, kb spiral itu gak berpengaruh sama sekali ke hormon, jadi gak bikin efek gendut/kurus/jerawatan (tipikal masalah kb yg pake hormon). tapi kalo memang bingung, boleh banget kalo mau konsul ke SPOGnya ^^

  18. 23 deny
    April 4, 2010 at 12:57 pm

    aku baru melahirkan 6 bln lalu,skg aku pake Kb suntik 1 bln. 5 bln pertama haidq nggak masalah (7hr), pd bln ke 6 haidq cuma 2 hari. Apa ini efek dari KB suntik itu? Aku 2th setelah menikah baru punya anak&nggak pernah ikut KB,trus ada yang bilang klo pake KB hormonal ntar sulit/lama lagi untuk punya anak kedua. Bener nggak sih?? Apa pengaruh dari KBx?

  19. 24 lia
    April 6, 2010 at 4:52 am

    saya baru melahirkan 1bln mau nanya KB yang cocok apa ya? mau coba IUD gamna ya?

  20. 25 diana
    April 24, 2010 at 3:46 am

    mau tanya’!
    penggunaa hormon progesteron sebagai alat kontrasepsi tu apa y…………….!!!!!!!!!!!!!!!

  21. 26 Fatimah
    April 25, 2010 at 6:38 am

    Saya baru melhirkan 4 bulan yang lalu melalui cesar, tapi anak saya meningal.Dan saya melakukan KB pil sepertiyang dianjurkan Dokter.Karena belum boleh hamil sebelum 6 bulan pasca melahirkan.

    Namun setelah saya memakai KB pil tubuh terlihat gendut. Padahal PIL yang dianjurkan oleh Dokter Pil yang tidak berisiko Gendut, Hamil teratur dan kandungan tidak kering.

    Namun ternyata siklus haid tidak lancar / hanya 3 hari. Normal 1 minggu.
    Jadi gimana yaaaaa

  22. 27 rury
    May 12, 2010 at 10:59 am

    saya pake alat kotrasepsi berupa IUD, stelah jlan 1 bulan saya pake lalu dtang keputihan berbau, klu pake yang hormon saya merasa takut, jadi alat kotrasepsi yang mana yang bisa saya pae?

  23. 28 wely
    July 31, 2010 at 12:59 pm

    saya pake iud. dan sdh lama.smp lupa. kr2 lbh dr 5thn. nah smp skrg blm d buka.apa resikonya?

  24. 29 Riana
    October 2, 2010 at 7:51 am

    Q seorg ibu dgn 2ank cew smua,sundulan. AnK ptma umr 18bln,ank kdua 7bln.Ckrg q kb suntik 3bln 1x,haid msh tratur pe 3bln brturut2,apkh q bs kebobolan hmil y?Coale q lg ad tnda2 hml ni,

  25. November 3, 2010 at 4:22 am

    hai mat pg.aq br mlhrkn bln juni 2010 yg lalu.bln ke2 stlh mlhrkn tepatnya awal bln agtus haidku cuma 2hr tp d’akhir blnnya aq ada kluar flek.dan smp bln nopember ini haidku blm dtg jg.suamiku pke kondom dan aq sndr udh prksa pke testpect namun hslnya alhamdulilllah negatif.apa itu normal2 aja krna menyusui jg..?dan bbrp hr ini aq cb bralih k pil kb khusus utk mnyusui.dan ap itu aman..?
    Trma ksh informasinya.

  26. 31 fitri
    November 10, 2010 at 9:39 pm

    assalamu’alaikum semua..
    Mau berbagi pengalaman nie,sapa tahu ada yg punya msalah sama n bisa bantu..
    Stlh mlhrkn ank pertama aq pke kb suntik1bln..4bln pemakaian ga ada mslh sm siklus haid..teratur tiap bln.krn mrs trllu sering boolak balik kbidan aq nyoba gnti yg suntik 3bln..tp msk bln ke2 aq mlh haid trs.bahkan smpe skrg msh srg kelr flek pdhl sdh aq hentikan suntikx,harusx 1bln lalu aq udah suntik lg.klu dlogika kan hormonx udah ga bkrja..it kr2 knp ya?n gmn ngatasix?..ada yg bs bntu??..mksh smua..

  27. 32 bunda Apple
    April 11, 2011 at 3:20 pm

    hai semua..
    Saya memakai pil KB andalan laktasi sejak anak saya berumur tiga bulan, sekarang anak saya 18 bulan. Sebelum mengkonsumsi pil KB tsb saya tidak pernah haid semenjak melahirkan. Minggu pertama setelah mengkonsumsi pil KB saya haid, tapi cuma 4 hari dan jumlahnya sedikit. Setelah itu saya tdk prnh haid sampai berbulan2. Saya sudah cek pke testpack tp alhamdulilah negatif. Sekarang saya membatasi pil KB sy krn sy takut anak sy mengalami pubertas dini, dan alhamdulilah minggu pertama saya haid meskipun jumlahnya juga sedikit. Tp selang seminggu kemudian muncul flek. Kenapa ya?

  28. 33 yudi
    April 30, 2011 at 3:11 pm

    istri saya mau di pasangkan alat kontrasefsi yg berbentuk “t” tapi gg twu bisa beli dan pasang di mana?
    saya tinggal di tangerang selatan, tempatnya yang paling deket dengan tempat tinggal saya

  29. 34 bejo
    June 5, 2011 at 2:59 pm

    kak,,,,saya mahasiswa ,,,,mau nanya ni>>>kemungkinan KONDOM bocor itu ada apa g’??? trus gimana penanggulangan nya biar g’ bocor???

  30. 35 bundana lionel
    June 26, 2011 at 3:08 pm

    mau nanya ne, setelah melahirkan anak pertama saya pake kb susuk/implan tp BB saya naik trus dari 60 kg skrang 75 kg q mau ganti spiral tp saya masih ragu ada yg bilang kb spiral bsa menyebabkan hamil anggur bener ngga sich?

  31. September 19, 2011 at 7:36 am

    Thanks for the alat kontrasepsi, koitus terpusnya ya

  32. 37 titiek
    October 11, 2011 at 2:55 pm

    assalamualaikum,kak saya mo nanya,saya udah pake kb suntik depo slama 2 thn sejak masa nifas saya slesai.keluhan saya knp ya seksualitas saya menurun dan timbul jerawat di wajah?thanks jwbnya.

  33. 38 yuyun wijaya
    October 20, 2011 at 10:12 pm

    Assalamualaikum…kak sy mau tanya apakah benar kalau menggunakan kontrasepsi suntikan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kelainan hormon dan sulit untuk hamil lagi? thanks jwbnya.

  34. October 21, 2011 at 4:40 am

    saya pernah memakai kb suntik selama 2 bulan . Bulan pertama saya haid selama 12 hari, haid saya berhenti karena saya di suntik yang kedua. Lalu pada bulan ke dua saya memutuskan untuk menghentikan pemakaian kb suntik, tetapi haid saya tidak berhenti sampai hari ke 17. Saya kemudian berkonsultasi kebidan tempat saya melakukan kb suntik. Lalu saya disuntik untuk menghentikan haid saya. Yang ingin saya tanyakan kenapa haid saya bisa begitu lama ( ada teman saya yg bilang dia tidak haid sewaktu memakai kb suntik), apakah ada efek sampingnya? Saya juga pernah menggunakan kb pil (saya coba beberapa merek) dan saya merasa mual dan pusing yang sangat seperti orang yg ngidam. Apakah saya termasuk orang yang tidak bisa menggunakan kb pil dan suntikan.

  35. 40 Agez
    November 3, 2011 at 11:22 pm

    Kl di pasang IUD (copper T) sakit g y?

  36. 41 dina
    November 24, 2011 at 5:37 pm

    mau nanya, aq bru mlahrkn 2bln mlalui operasi sesar. Lalu aq mnggunakn suntk 3bln, slang b’brp jm kmi mlakukn hub suami istri. Apkh suntik 3bln sdh b’fungsi, krn aq tkt kalo hmil soalx bru operasi. Tlg blsnx…sblmx makasih.

    • 42 mellia
      March 2, 2012 at 3:43 pm

      @dina

      maaf sebelumnya,,
      menurut saya, penggunaan alat kontrasepsi yang hormonal baik pil maupun suntik baru akan bekerja setelah melewati masa reaksi hitam,yaitu 6 hari pasca penggunaan alat kontrasepsi pertama.
      Jadi dianjurkan pada saat berlangsungnya reaksi hitam selama 6 hari,hubungan suami-istri yang di lakukan bisa menggunakan alat kontrasepsi sementara berupa kondom, atau bisa dengan cara senggama terputus.
      Namun ini tidak berlaku pada saat kedua kali penggunaan alat kontrasepsi ini,ini berarti,setelah suntik pertama habis,dan suntik berikutnya reaksi dari suntik maupun pil sudah langsung berfungsi.

      sekian dari saya,semoga bermanfaat ya

  37. 43 Leni
    December 15, 2011 at 10:12 pm

    Sy bingung hrs memakai kb ap?suntik bdn sy gemuk skali cover T 2x pendarahan dan infeksi pil haid tdk teratur sy bingung???

  38. 44 ria
    January 13, 2012 at 7:12 am

    apa bedanya alat spiral antara puskesmas sm dktr……apa dua2nya sama aja….???
    sy bingung nie kr2 mn yg bgs kwalitas alat KB spiralnya…..???
    tlg d kasi pendapatnya donkkk…..!!!!!!!!!!!!!!!

  39. 46 tini Roskar
    February 1, 2012 at 1:32 pm

    Sangat berguna & bermanfaat postingannya.

  40. 47 billyjoe
    April 21, 2012 at 2:31 pm

    istri saya pakai KB PIL, tapi ga datang-datang haid knapa ya…

  41. 48 mimin taufik
    June 17, 2012 at 1:40 am

    aku pengen coba kontrasepsi susuk tapi takut gemuk

  42. 49 raditia
    September 3, 2012 at 2:32 pm

    hai pgn share jga neh bun….. anakku lhr juli 2010. setelah umur 2 bln ak pasang NOVA T. tp aku mens pertama kali pas anakku dh umur 1,5 thn. mensku jd lbh banyak dr sblum mlahirkan dan wajahku jd jerawatan.apa ini efek IUD yg aku pake ???

  43. 50 ZeL...
    September 30, 2012 at 3:31 am

    Hai…
    Buat ibu” / tante” yang pingin pengalaman sexs lain yang lebih
    WOOW,..
    call / sms saya… :)
    08983323699
    di tunggu ya…

  44. 51 entik
    November 4, 2012 at 6:10 am

    hai bunds…..share dikit yah…udah hampir 4x aku ikut KB suntik nih, tp haid nya ngga pernah lancar, kadang sampe slama 3 bulan tetap kluar darah, padahal setiap suntik slalu berganti merk, itu gmana yahh

  45. 52 azza
    February 18, 2013 at 3:12 am

    Selama pake KB suntik sebulan, sering sakit kepala di+ dengan bercak dan keluarx warna cokelat dari vagina. Gimana cara mengatasinya??? Terimaksih :*

  46. May 7, 2013 at 2:31 am

    Aw, this was an extremely nice post. Taking a
    few minutes and actual effort to create a great article… but what can
    I say… I hesitate a whole lot and never manage
    to get nearly anything done.

  47. May 7, 2013 at 10:23 am

    I rarely create comments, however I read through a few remarks
    on this page Plus Minus Alat Kontrasepsi | all about moms &
    babies. I do have 2 questions for you if you do not mind.

    Is it simply me or do some of these remarks look as if they are written by brain dead individuals? :-P And, if you are writing at additional online sites, I would like to follow everything fresh you have to post.
    Would you list of every one of your shared sites like your
    twitter feed, Facebook page or linkedin profile?

  48. May 7, 2013 at 3:36 pm

    Nice post. I was checking continuously this weblog and I am
    inspired! Extremely useful information specially the remaining section :) I take care of such info much. I used to be seeking this certain information for a very long
    time. Thank you and good luck.

  49. 56 By_windy
    July 17, 2013 at 3:42 pm

    Hay. . .
    Aqq udh 1tahn pke kb implan,, tpi mis v aqq basah tyZz kal0o stiap kali hub suami istri,, ngrasa gax enak,, gax bsa nyenengin suami,, krna mis v aqq becek,, itu kenpa eaa app efk samping pke kb implan?

  50. 57 Cici ananda
    August 27, 2013 at 6:07 am

    Pake iud ko klo mo dpt mens kaki bnr2 skt sekali kenapa y

  51. 58 indri larasati
    October 9, 2013 at 4:30 am

    saya pakai implan, dan bb ga trun2 , #nangis

  52. December 15, 2013 at 2:58 pm

    assllmualaikum,
    sya melahirkan 13 bulan yg lalu,dan sya menggunakan kb suntik 3 bulan sekali tp ko’ bdan sya kya memang gak gmuk2,tlong mnta solusinya,terima kasih

  53. December 29, 2013 at 5:14 am

    Undeniably believe that which you said. Your favorite justification appeared to
    be on the web the simplest thing to be aware of. I say
    to you, I definitely get annoyed while people consider worries that they plainly don’t know about.
    You managed to hit the nail upon the top as well as defined out the
    whole thing without having side effect , people can take a
    signal. Will probably be back to get more. Thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Fashion Termurah dan Terlengkap. Mau cantik? Masuk ruang dandan dulu dong

Photobucket

Ngobrol Bareng Saya

Categories

February 2008
M T W T F S S
    Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Blog Stats

  • 475,525 hits
Lilypie Kids Birthday tickers
Lilypie Third Birthday tickers
Lilypie First Birthday tickers

Who’s Here?

Photobucket
Photobucket

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: